Upacara Peringatan Hari Pramuka, Jokowi Dianugerahi Tunas Kencana


Rabu 14 Agustus 2019, 17:59 WIB
Upacara Peringatan Hari Pramuka, Jokowi Dianugerahi Tunas Kencana
Andhika Prasetia - detikNews
Foto: Presiden Jokowi di Upacara Hari Pramuka ke-58. (Andhika P/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertindak sebagai pembina upacara hari Pramuka ke-58. Jokowi juga mendapat anugerah Tunas Kencana.

Anugerah tersebut diberikan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Budi Waseso. Presiden terdahulu yang mendapat anugerah serupa adalah Soeharto, BJ Habibie, Megawati Soekarnoputri, dan Susilo Bambang Yudhoyono.

"Tadi saya juga dianugerahi lencana Tunas Kencana dalam Gerakan Pramuka. Saya terima penghargaan ini sebagai Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka. Yang siap membimbing agar Gerakan Pramuka terus tumbuh dan berkembang menjaga persatuan bangsa Indonesia," ujar Jokowi di Buperta Cibubur, Jakarta, Rabu (14/8/2019).
Tema hari Pramuka ke-58 adalah 'bersama segenap komponen bangsa gerakan pramuka siap sedia membangun keutuhan NKRI'. Jokowi turut menyinggung tema ini dalam pidatonya.
"Tema ini sangat dekat untuk menyikapi situasi dan dinamika kehidupan berbangsa dan benegara saat ini. Maraknya berbagai permasalahan yang kita hadapi dari penyalahgunaan narkoba, masih adanya tawuran, masih adanya sikap intoleransi dan media sosial yang penuh hoax dan pornografi dan ujaran kebencian," paparnya.

Jokowi juga menyampaikan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa majemuk. Kemajemukan ini tercermin dalam Gerakan Pramuka.

"Lebih dari 1.100 bahasa lokal dan daerah. Ini harus kita syukuri. Dan Alhamdulillah Gerakan Pramuka telah berikan contoh bagaimana keberagamaan justru memperindah dan menyatukan seluruh anggota pramuka," ujarnya.

Peringatan hari Pramuka turut dimeriahkan atraksi. Hadir dalam acara ini yakni Ibu Negara Iriana, Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri, Menko Polhukam Wiranto, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, dan eks Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat.

(dnu/dnu)


Komentar