KWARCAB – KEMENAG – K3M “Rapatkan Barisan Gelar Perkemahan Madrasah”



Perkemahan Madrasah yang merupakan program rutin tahunan bakal digelar mulai tanggal 8 s.d 10 November 2019 di Bumi Perkemahan Subarang Tangah dan Kompleks Loebas Wisata Jorong Balai Ahad Nagari Lubuk Basung Kecamatan Lubuk Basung tapal batas dengan Jorong Malabua Nagari Bawan Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam.

Kesepakatan mensukseskan Perkemahan Madrasah ini lahir dari hasil rapat Kementerian Agama Kabupaten Agam dan Kelompok Kerja Kepala Madrasah (K3M) bersama Pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Agam, yang dipimpin oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Agam diwakili Kasi Penmas Kemenag Kabupaten Agam Edi Zalman, pada Kamis 31 Oktober 2019 di Aula Kantor Kemenag Kabupaten Agam.

“Kwarcab Agam selaku penanggung jawab penyelenggara kegiatan kepramukaan di tingkat cabang, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah melibatkan Kwarcab secara langsung dalam persiapan dan pelaksanaan Perkemahan Madrasah Tahun 2019 ini. Selaku “mamak rumah”, Kwarcab siap sedia siang dan malam membantu dan mensukseskan alek gadang kita ini, dan siap menjadikan program rutin tahunan ini sebagai agenda kegiatan Kwartir Cabang untuk tahun yang akan datang, sesuai dengan pesan Ketua Kwarcab Agam”, sebut Khairul Koto Waka IV Kwarcab Agam dalam sambutannya, yang hadir bersama Sekretaris Kwarcab Benny Sastra dan Staf Sekretariat Jasrizal Erick Saputra.

Peserta Perkemahan Madrasah Tahun 2019 ini adalah Pramuka Penggalang gudep yang berpangkalan di Madrasah Ibtidaiyah (MI), Pramuka Penggalang gudep yang berpangkalan di Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Pramuka Penegak gudep yang berpangkalan di Madrasah Aliyah (MA) se-Kabupaten Agam, dengan mengusung tema ”Berjuang Tiada Henti Bersabar Tanpa Batas Menuju Madrasah Hebat Bermartabat serta tetap berpegang teguh pada motto Satyaku Kudarmakan Darmaku Kubaktikan dan Ikhlas Beramal Dalam Bingkai Iman dan Taqwa.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Al Hilal berharap, mengingat kegiatan Perkemahan Madrasah ini disepakati dijadikan sebagai program rutin tahunan, kiranya Kwarcab Agam berkenan menyediakan Trophy Bergilir Ketua Kwarcab Agam yang akan diperebutkan mulai tahun 2019 ini oleh adik-adik pada tiga tingkatan, yaitu Pramuka Penggalang MI, Pramuka Penggalang MTs dan Pramuka Penegak MA.   



Peserta rapat juga sepakat untuk penilaian lomba bidang kepramukaan, teridir dari : Lomba PBB Tanpa Tongkat (MI), Lomba PBB Bertongkat (MTs dan MA), Lomba Pionering dan Lomba Orientaring Kepramukaan, dipercayakan pada Kwarcab sebagai Penanggung jawab dan Tim Penilainya. Termasuk Sangga Kerja dari DKC, serta penyempurnaan Juknis berdasarkan kondisi lapangan. Untuk Lomba Tahfazh 3 Juz (MI), 5 Juz (MTs) dan 10 Juz (MA) Kemenag, sedangkan Tim Penilai Lomba Lagu Minang adalah yang ahlinya dibidangnya.

Seusai rapat, semua peserta rapat menyatu melakukan survey lapangan ke calon lokasi bumi perkemahan. (#03.06.0002).

Komentar