Perkuat Amunisi Korp Pelatih, Ketua Kwarcab Utus Peserta KPL ke Pusdiklatnas



Gerakan Pramuka sebagai salah satu wadah mendidik karakter generasi muda Indonesia memiliki peran vital di tengah-tengah masyarakat. Anggota Muda Gerakan Pramuka yang terdiri dari Pramuka Siaga, Pramuka Penggalang, Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam menjalankan proses pendidikan kepramukaan sangat membutuhkan Anggota Dewasa yang bekerja secara sukarela (volunteer) dan penuh tanggungjawab sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing.

Seperti kata Baden Powell “If Scouting is needed for youth, Adults needed in the Scouting”, jika kepramukaan dibutuhkan oleh kaum muda, maka Anggota Dewasa dibutuhkan dalam kepramukaan. Anggota Dewasa yang selalu berhadapan langsung dengan Anggota Muda adalah Pembina Pramuka termasuk Pelatih Pembina Pramuka.

Untuk memperkuat amunisi Korp Pelatih serta untuk mensukseskan Permendikbud RI Nomor 63 Tahun 2014 tentang Pendidikan Kepramukaan Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Wajib pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, maka Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Agam mengutus 2 orang Pelatih Pembina Pramuka berijazah KPD mengikuti KPL Mandiri Tahun 2019 Gelombang 3, yang berlangsung mulai tanggal 11 s.d 17 Oktober 2019 di Pusdiklatnas Kepramukaan Cibubur Jakarata Timur.

Pada bulan Februari 2019 yang lalu, Kwarcab Agam juga telah mengutus 4  orang Pembina Pramuka berijazah  KML, yaitu : Yuslim (Kwarran Baso), Guslim (Kwarran Ampek Angkek, Deswati (Kwarran Tilatang Kamang dan Ramli Ya’kub (Kwarran Malalak) untuk  mengikuti KPD di Kwarcab Kuningan Jawa Barat.  

Sesuai dengan Rekomendasi Kepala Pusdiklatcab Gerakan Pramuka Kabupaten Agam. Utusan Kwarcab Agam untuk mengikuti KPL tersebut adalah Kak Khairul Koto yang juga Waka IV Kwarcab dan Kak Firdaus (Kwarran Ampek Nagari) yang juga Pengurus  Pusdiklatcab Agam.

Dengan bertambahnya jumlah tenaga Pelatih berijazah KPL yang saat ini masih kurang, diharapkan kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) yang dilaksanakan setiap tahun di Kwarran (Kecamatan), termasuk Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan (KML), amunisi Korp Pelatih semakin kuat, bergairah, bervariasi dan uptude, serta dengan diberlakukannya Sistim Pendidikan dan Pelatihan Kepramukaan terbaru sesuai dengan Keputusan Kwarnas Nomor 048 Tahun 2018 kita tidak ketinggalan materi, ungkap Irzal Kapusdiklatcab Agam berharap. (KK#03.06.0002)

Komentar