Formulir Kontak

Minggu, 06 Oktober 2019



Berjalan kaki di alam terbuka yang dalam kegiatan kepramukaan populer disebut dengan to hike atau Hicking, memang hal biasa dan dapat dilakukan oleh siapa saja baik anak-anak, remaja, maupun orang tua, untuk tujuan kesenangan, latihan (gerak badan). Namun Hicking yang dikemas oleh Pramuka Penggalang Gudep 10-141 dan Gudep 10-142 Pangkalan SMPN 4 Lubuk Basung sungguh menggelegar, menantang dan luar biasa.

Dalam Gerakan Pramuka, Hicking bukan merupakan tujuan melainkan salah satu alat untuk mencapai tujuan Gerakan Pramuka. Hal ini dibenarkan oleh kak Risna Milawati Pembina Pramuka Gudep 10-142 Pangkalan SMPN 4 Lubuk Basung, “Hicking yang kami lakukan merupakan perjalanan penjelajahan dan bukan hanya sekedar berjalan kaki, melainkan ada  misi regu dan acara khusus yang dilaksanakan oleh adik-adik Penggalang dengan tetap menerapkan Kode Kehormatan Trisatya dan Dasa Darma. Contohnya pada saat diperjalanan tiba shalat, kami laksanakan Shalat Berjamaah di alam terbuka.

Lebih lanjut, kak Mila sebutan kerennya, menyebutkan bahwa, Gudep 10-141 dan 10-142 Pangkalan SMPN 4 Lubuk Basung yang dipimpin oleh kak Laila Rahmawati selaku Kamabigus (Kepala SMPN 4 Lubuk Basung), tetap melaksanakan latihan rutin setiap hari Jum’at mulai pukul 14.00 (2 siang).

“Hicking yang dilaksanakan pada minggu pertama September 2019 yang lalu, diikuti oleh 85 orang Pramuka Penggalang, didampingi 3 orang Pembina : kak Mila sendiri, kak Nasriwanto dan kak Dio Candra. Start dari Kampus SMPN 4 Lubuk Basung menelusuri jalan baru, terus mendaki sampai ke Bukit Maranih di Koto Baru Jorong Batang Piarau, berlanjut ke jalan PNPM dan sampai di tapian Mak Yaik, yang biasa dijadikan sebagai tempat berkemah atau kemping. Disinilah kami istirahat dan makan siang yang diawali dengan Shalat Zuhur Berjamaah”, ungkap kak Mila bersemangat.

Setelah makan siang perjalanan dilanjutkan melewati Lubuk Pinggan lalu menyeberangi sungai lokasi Jorong Pasar Durian Kampung Pinang, terus menyeberangi sungai kembali dua kali, baru sampai finish di Kompleks Perumahan Pinang Mas Batang Piarau. Di lapangan komplek perumahan ini dilaksanakan Lomba Yel Yel Pramuka dan Permainan Tongkat.


 
Lagi asyik berlomba, hujan turun secara tiba-tiba, sehingga acara dilanjutkan di Pangkalan SMPN 4 Lubuk Basung.

Wow… perjalanan yang menantang, seru dan asyik serta sulit untuk dilupakan, ujar kak Mila mengakhiri. (KK#03.06.0002).

Comments 0