“Wujudkan Yang Muda Yang Berkarya” Puskesmas IV Koto Latih Kader Melalui Saka Bakti Husada


Selama dua hari berturut-turut, Puskesmas IV Koto melaksanakan Pelatihan Satuan Karya Pramuka (Saka) Bakti Husada, yang  dibuka secara resmi oleh Kepala Puskesmas IV Koto Drg. Yuliaty, Selasa 29 Oktober 2019 di SDN 13 Guguak Randah Nagari Guguak Tabek Sarojo Kecamatan IV Koto Kabupaten Agam.

Pelatihan ini ungkap Drg. Yuliaty, dalam rangka membekali anggota pramuka dengan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam bidang kesehatan guna mewujudkan yang muda yang berkarya membentuk karya Bakti Husada, dengan jumlah peserta sebanyak 40 orang.

“Salah satu tujuan dari pelatihan ini adalah terbentuknya Satuan Karya Pramuka (Saka) Bakti Husada Pangkalan Puskesmas IV Koto Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan IV Koto, sebagai wadah pendidikan dan pembinaan kaum muda anggota Saka bakti Husada serta memotivasi kaum muda melaksanakan kegiatan nyata dan produktif di bidang kesehatan” tegas Drg. Yuliaty.
Pada kesempatan tersebut, Kepala Puskesmas IV Koto mengucapkan ribuan terima kasih kepada Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Agam atas kerjamasama yang harmonis dan kontruktif dan telah menugaskan narasumber dalam pelatihan ini.

Materi pelatihan pada hari pertama berkaitan dengan Orientasi Kepramukaan, Kesakaan dan Saka Bakti Husada oleh kak Khairul Koto, dilanjutkan dengan Penyusunan Prodik Saka Bakti Husada oleh kak Astati, dan diakhiri dengan materi Pengukuhan dan Pelantikan Dalam Saka Bakti Husada oleh kak Yunaidi. Sedangkan materi pada hari kedua dalam bidang kesehatan dan materi khusus berkaitan dengan enam krida Saka Bakti Husada yang disampaikan oleh Instruktur dari Puskesmas IV Koto.

Paling lambat pada akhir bulan depan sudah terbentuk kepengurusan Saka Bakti Husada dan kegiatan pelantikan kepengurusan. Apakah melalui kegiatan perkemahan atau tidak, akan dibicarakan dan ditentukan setelah pelatihan ini, ungkap Drg. Yuliaty mengakhiri. (#03.06.0002)

Komentar