Bawaslu Gelar Sosialisasi Pembentukan Saka Adhyasta Pemilu




Tantangan Ketua Kwarcab 0306 Gerakan Pramuka Kabupaten Agam Drs. H. Martias Wanto, MM yang disampaikan setelah lahirnya kesepakatan membentuk Saka Adhyasta Kabupaten Agam, agar segera dilaksanakan Sosialisasi dan Lounching, disambut baik oleh Bawaslu Kabupaten Agam dengan gerak cepat dan kerja nyata.

Hal ini dibuktikan dengan digelarnya Sosialisasi Pembentukan Saka Adhyasta Pemilu pada Senin 11 November 2019 di Kantor Bawaslu Kabupaten Agam Jalan Diponegoro Simpang III Lubuk Basung, yang dibuka secara resmi oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Agam diwakili Drs. Eri Efendi Komisioner Devisi (Kordiv) Penindakan Pelanggaran Bawaslu Kabupaten Agam, sementara Ketua Kwarcab Agam diwakili oleh Waka IV Khairul Koto, S.Sos.


“Sosialisasi ini merupakan salah satu tahapan yang kita lakukan dalam rangka pembentukan Saka Adhyasta Pemilu Kabupaten Agam, terlaksana berkat kerjasama yang konstruktif dengan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Agam. Langkah selanjutnya adalah pembentukan kepengurusan Pimpinan Cabang Saka Adhyasta, pembentukan Pamong Saka dan Instruktur Saka, rekruitmen dan pembentukan Anggota Saka Adhyasta”, ungkap Eri Efendi dalam sambutannya.

Sementara itu, Waka IV Kwarcab Khairul Koto menekankan bahwa Anggota Pramuka Saka Adhyasta adalah para Pramuka Penegak Bantara dan Pramuka Pandega usia 16 sampai 25 tahun. Bagi adik-adik peserta sosialisasi yang hadir dalam sosialisasi ini, yang belum mencapai tingkat Penegak Bantara agar setelah sosialisasai ini mempersiapkan diri memenuhi Syarat Kecakapan Umum (SKU) Pramuka Penegak Bantara.

Penyajian materi sosialisasi berlangsung dalam suasana yang santai, senyum dan sukses, diikuti oleh perwakilan peserta yang hadir antara lain : Ketua Kwarran Lubuk Basung, Andalan Ranting Kwarran Palembayan, Kamabigus SMAN 1 Ampek Nagari, Kamabigus SMAN 3 Lubuk Basung, Kamabigus SMAN 1 Tanjung Mutiara, masing-masing bersama Anggota Pramuka Penegak gugus depan yang bersangkutan.

Turut hadir dan memberikan materi dalam Sosialisasi ini, Okta Muhlia, SE,M.Si Kordiv Pengawasan Humas dan Hubungan Antar Lembaga, Drs. Eri Efendi Kordiv Penindakan Pelanggaran, Hendra Susilo, SP Kordiv Penyelesaian Sengketa, serta Yulizamra, S.Sos Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Agam.


Tahapan berikutnya yang dilaksanakan adalah Rapat Koordinasi pembentukan dan/penyusunan kepengurusan Pimpinan Cabang Saka Adhyasta Pemilu Kabupaten Agam masa bakti 2019-2024 di lantai II Kantor Bawaslu Kabupaten Agam pada Rabu 13 November 2019, diikuti oleh 4 Kordiv dan Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Agam. Sementara perwakilan Kwarcab Agam tampak hadir Waka IV Khairul Koto bersama Benny Sastra Sekretaris Kwarcab 0306 Gerakan Pramuka Kabupaten Agam. (#03.06.0002).

Komentar