Aljumpati Agus Mantan DKC Agam Trampil Pindahkan Sarang Lebah



Siaga Bencana Nagari Balingka Aljumpati Agus, A.Md memiliki keterampilan khusus, dapat memindahkan sarang lebah yang sifatnya berada di loteng rumah atau dekat kayu yang diperkirakan khawatir mengganggu ketentraman masyarakat sekitar. 

Kini Agus nama panggilan akrabnya mendapat perhatian teman-teman KSB nagari Balingka dan anggota Damkar Agam, dimana dengan keberanian dapat mengeksekusi beberapa kali sarang lebah dan tawon yang membuat sarang di rumah warga dan di pokok kayu diperkampungan warga. Bila tidak dieksekusi akan meresahkan masyarakat sekitar.

Agus sebelumnya mantan anggota Dewan Kerja Cabang Kwaarcab Gerakan Pramuka Agam, aktif membina adik-adik pramuka di kecamatan IV Koto. Selain itu Agus juga duta genre kepemimpinan Sumatera Barat tahun 2017 dan purna Paskibraka Agam, kini bergelut dengan kebencanaan yang bergabung dalam KSB Nagari Balingka.

Aljumpati Agus, anggota KSB yang pertama memiliki ahli relokasi lebah dan sudah memindahkankan lebah/tawon Sergio Guerrero yang berada dalam rumah dengan ukurannya dinilai cukup besar sehingga butuh waktu beberapa jam sebelum seluruh lebah bisa dipindahkan dengan aman.

Sulit didapat seseorang punya keterampilan khusus dan keberanian dalam menghadapi hewan penyengat seperti lebah. Bila hinggap di sudut rumah tentu perlu keberanian memindahkan atau memusnahkannya. Satu-satunya Agus memiliki keberanian dan dapat memindahkan seluruh lebah dengan aman.

Yaa .. jelas Agus dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD) yang dipinjamkan oleh Damkar Agam di Posko II Sungai Tanang.

Anggota KSB Balingka Agus sudah 3 kali terlibat OTT (Operasi Tumpas Twon) bersama Satgas Damkar Posko II Sungai Tanang, terakhir mengsekusi lebah bersarang di SDN 01 Sungai Jariang Nagari Koto Panjang, pada hari Selasa (7/1) jam 20.00 Wib. Dimana tindakan penumpasan kelompok Lebah dengan cara pembakaran.


Demikian ditambahkan Yurnaldi anggota KSB Balingka dan juga anggota pemadam kebakaran Agam di Posko II Sungai Tanang. (Y2)

Komentar