KWARCAB 0306 AGAM Tutup Tahun 2019 Dengan Kegiatan “Sosialisasi Akreditasi Gugus Depan dan Administrasi Kwartir Gerakan Pramuka”



Tak perlu berlama-lama, setelah mengikuti Kursus Manajemen Kwartir Gerakan Pramuka dan Pelatihan Asesor Akreditasi Gugus Depan Gerakan Pramuka yang diselenggarakan oleh Kwarda 03 Sumatera Barat pada minggu terakhir November 2019, Kwarcab Agam langsung menindaklanjutinya dengan menggelar kegiatan “Sosialisasi Akreditasi Gugus Depan dan Administrasi Kwartir Gerakan Pramuka”, sebagai kegiatan akhir tutup tahun 2019.

Sosialisasi yang digelar selama dua hari mulai tanggal 29 sampai 30 Desember 2019 ini bertempat di Hotel Pusako Bukittinggi, diikuti oleh 2 orang peserta Utusan Kwarran dari unsur Sekretaris/Wakil Sekretaris Kwarran dan Koordinator Unit Kerja Pendidikan Kecamatan se-Kabupaten Agam.

Ketua Kwarcab Agam Drs. H. Martias Wanto, MM dalam sambutan pembukaan acara ini pada Minggu 29 Desember 2019, merasa bangga atas inisiatif pengurus/andalan dan korp pelatih pramuka Agam yang telah memfasilitasi pelaksanaan Sosilasisasi Akreditasi Gugus Depan dan Administrasi Kwartir Gerakan Pramuka ini diberikan secara merata kepada pengurus Kwartir Ranting dan Koordinator Unit Kerja Pendidikan Kecamatan se-Kabupaten Agam

Tujuan dari Akreditasi Gugus Depan ini, ungkap Martias Wanto,  adalah untuk menjamin gugus depan sebagai pemenuhan standar mutu yang ditetapkan oleh kwartir nasional. Sekaligus untuk memotivasi gugus depan untuk terus menerus melakukan perbaikan dan mempertahankan mutu yang tinggi, tandas Martias Wanto..

Sementara itu, Kepala Pusdiklatcab Agam H. Irzal, S.Pd, meminta gugus depan perkwartir ranting ada yang mewakili untuk diajukan oleh Kwarcab ke Kwarda danterus ke Kwarnas, dengan sendirinya gugus depan dan kwartir sudah terakreditasi.

Secara terpisah, Khairul Koto Waka IV / Ketua Bidang Organisasi Keuangan Usaha dan Pengabdian Masyarakat Kwarcab Agam mengungkapkan bahwa “Gugus depan di lingkungan Gerakan Pramuka merupakan pusat gerak dan wadah pembinaan Pramuka. Oleh karena itu dukungan administrasi perlu dilaksanakan secara tertata dan tertib namun sederhana sebegai landasan penentuan arah perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian kegiatan serta penentuan langkah–langkah lanjutan karena terdapat unsur keterkaitan dengan administrasi kwartir”.

Hal inilah mendasari kegiatan Sosialisasi Akreditasi Gugus Depan ini disejalankan dengan kegiatan Sosialisai Administrasi Kwartir. Disamping itu, kebijakan Kwarnas mulai pada kegiatan Lomba Tingkat V Tahun 2022, pesertanya adalah Pramuka Penggalang yang berasal dari Gudep yang telah Terakreditasi, sehingga Akreditasi Gugus Depan ini merupakan keharusan bagi semua Gugus Depan, baik Gugus Depan yang berpangkalan di SD/MI dan SMP/MTs maupun yang berpangkalan di SMA/SMK/MA, tegas Khairul Koto mengakhiri.

Komentar