Formulir Kontak

Minggu, 19 Januari 2020


Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, pada Pasal 35 menyebutkan “Gerakan Pramuka memiliki atribut”, salah satu atrrribut tersebut berupa “himne”.

Lebih lanjut dalam Anggaran Dasar (Hasil Munas Tahun 2018) pada Pasal 52 dan Anggaran Rumah Tangga pada Pasal 125 dipertegas bahwa “Himne Gerakan Pramuka adalah Lagu Satya Darma Pramuka yang diciptakan oleh Husein Mutahar”, dinyanyikan dengan “Gagah & Khidmat” yang berbunyi :


Lagu Himne Gerakan Pramuka Satya Darma Pramuka yang diciptakan oleh Husein Mutahar memiliki makna yang mendalam sekali, sehingga lirik yang ada didalamnya dijadikan moto Gerakan Pramuka Indonesia.


Dalam baris pertama diatas yang berbunyi "Kami Pramuka Indonesia" menjelaskan sekaligus sebagai penegas bahwa Kami adalah Pramuka (Praja Muda Karana) yang berarti seorang pemuda yang memiliki semangat berkarya.

Pada baris kedua yang berbunyi "Manusia Pancasila" menjelaskan bahwa kami sebagai pramuka berpegang pada Pancasila, bukan yang lain. Pancasila sendiri merupakan ideologi dasar negara indonesia yang terdiri dari 2 kata yaitu Panca dan Sila. Panca artinya lima dan Sila artinya dasar atau asas.

Dan pada kalimat selanjutnya berbunyi "Satyaku Kudarmakan Darmaku Kubaktikan" bermakna setiap janji dan komitmen diri yang telah diucapkan dan/atau dihayati menjadi ketetapan yang harus ditepati dan dilaksanakan dalam sikap dan perilaku sehari-hari. Janji yang diucapkan secara sukarela sebagai pengikat diri pribadi demi kehormatannya untuk diamalkan dan Darma Pramuka merupakan kode etik bagi organisasi dan anggota Gerakan Pramuka.

Bila diartikan perkata, makna "Satya" adalah janji, sedangkan “Darma” artinya kewajiban, aturan dan kebenaran. Kata “Darma” sendiri memiliki makna yang lebih luas tergantung konteks penggunaannya.

Namun kata Darma pada konteks diatas merujuk pada Dasa Darma Pramuka.
"Satyaku Kudarmakan Darmaku Kubaktikan" adalah isi dari lirik Himne Gerakan Pramuka Satya Darma Pramuka, dan kalimat ini juga merupakan moto Gerakan Pramuka yang bersifat tetap dan tunggal sebagai bagian terpadu dalam proses pendidikan.

Kalimat selanjutnya dalam Himne Gerakan Pramuka Satya Darma Pramuka adalah "Agar Jaya Indonesia" bermakna sebagai tujuan dari Gerakan Pramuka secara global, yaitu membuat negara Indonesia yang jaya. Yang artinya makmur seluruh rakyatnya.

Dan "Indonesia Tanah Airku" adalah sebagai penegas bahwa Indonesia, dan hanya indonesia-lah tanah air kita

Arti “Pandu” sendiri dalam kamus KBBI adalah penunjuk jalan, perintis. Jadi dalam lirik terakhir Himne
Gerakan Pramuka Satya Darma Pramuka tersebut. Makna "Kami Jadi Pandumu" adalah Kami para Pramuka yang akan menjadi perintis kejayaan negara Indonesia.

Dirangkum oleh :
Khairul Koto (KK*03.06.0002#) Waka IV Kwarcab 0306 Gerakan Pramuka Agam

Comments 0