GEBRAKAN KWARRAN PALEMBAYAN “Libatkan Operator Sekolah Sebagai Peserta Bimtek Akreditasi Gugus Depan Gerakan Pramuka”


Kwarran Gerakan Pramuka Kecamatan Palembayan mengawali gebrakan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Akreditasi Gugus Depan dengan melibatkan Operator Sekolah sebagai Peserta.

Bimtek Akreditasi Gudep Kwarran Palembayan dilaksanakan Rabu 12 Februari 2020 bertempat di SDN 09 Gumarang Kecamatan Palembayan, dibuka secara resmi oleh Ketua Kwarran Palembayan kak Andre Gusman dan akan berlanjut pada Sabtu 15 Februari 2020 khusus untuk Gugus 1 sampai 3. 

Kak Andre Gusman dalam sambutannya menyebutkan bahwa kegiatan Bimtek Akreditasi Gugus Depan Gerakan Pramuka yang kita laksankan hari ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan Sosialisasi Akreditasi Gudep yang diselenggarakan oleh Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Agam di Hotel Pusako Bukittingi pada tanggal 29 s.d 30 Desember 2019 yang lalu.

Lebih lanjut kak Andre Gusman menegaskan bahwa Akreditasi Gudep harus dilaksanakan untuk menjamin gugus depan yang terakreditasi telah memenuhi standar mutu yang ditetapkan oleh Kwarnas, sehingga mampu memberikan perlindungan bagi masyarakat dari penyelenggaraan pendidikan kepramukaan yang tidak memenuhi standar, serta memotivasi gugus depan untuk terus menerus melakukan perbaikan dan mempertahankan mutu yang tinggi.


“Setiap Gudep yang berpangkalan di sekolah/madrasah harus diakreditasi, baik Gudep yang berpangkalan di SD/MI dan SMP/MTs maupun Gudep yang berpangkalan di SMA/SMK/MA, tegas kak Andre Gusman.

Sementara kak Hardi Hendra, S.Pd yang bertindak sebagai narasumber dan memandu Bimtek ini menyebutkan bahwa peserta adalah para Kepala Sekolah/Madrasah Selaku Kamabigus, Pembina Pramuka Gudep Putra dan Putri serta Operarator Sekolah 4 orang per-gudep, dengan jumlah peserta 40 orang khus untuk hari ini.

“Kami mintak Operator Sekolah supaya nantinya lebih memahami dalam pengisian Portofolio Akreditasi Gudep karena sudah terbiasa berhadapan dengan komputer dalam pengisian dan pengolahan data, sebutkan kak Hardi Hendra.

Dengan terlaksananya Bimtek Akreditasi Gudep di Kwarran Palembayan, berarti sudah tujuh kwarran yang telah mengawali kegiatan Tahap Awal Akreditasi Gudep ini. Kwarran yang sduah melaksanakan sebelumnya yaitu Kwarran Malalak, Kwarran IV Koto, Kwarran Kamang Magek, Kwarran Matur, Kwarran Tilatang Kamang dan Kwarran Ampek Nagari. 
Semoga 9 Kwarran yang belum melaksnakan kegiatan tahap awal Akreditasi Gudep ini, segera melaksanakannya dalam kurun waktu yang tidak terlalu lama, mengingat data pendukung yang diisi dalam portofolio adalah data tiga tahun sebelumnya yang harus ada dan teradministrasi secara lengkap. (#KK*03.06.0002*)

Komentar