Ketua Kwarcab 0306 Agam Drs. H. Martias Wanto, MM Buka Rakercab 2020 “MAHACATING Produk Kwarcab Agam Perlu Digelar Tahun Ini”


LUBUK BASUNG -         Rapat Kerja Cabang (Rakercab) Gerakan Pramuka Kabupaten Agam Tahun 2020 yang diselenggarakan hari ini Selasa (29/2) dibuka secara resmi oleh Ketua Kwarcab 0306 Agam Drs. H. Martias Wanto, MM, bertempat di Aula Panti Asuhan Putra Muhammadiyah Lubuk Basung Jalan Tuanku Nan Renceh No. 661 Lubuk Basung.


Kak Martias Wanto, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga atas kebersamaan kita dalam memutar roda organisasi Gerakan Pramuka di Kabupaten Agam. Banyak romantika, dinamika, suka dan duka yang kita alami. Kita senang dan bangga, betapa hebatnya dinamika yang dialami, saling mendukung dan menguatkan kiprah kita.


Selama tahun 2019, kita berhasil melaksanakan 98 kegiatan yang dibagi dalam 5 pembidangan andalan, berkat kerja  keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas kita bersama. Karena kita menyadari bahwa kegiatan kepramukaan bukan kegiatan sembarangan, bukan kegiatan asal jadi, melainkan kegiatan yang hasilnya ditunggu dalam konteks pembentukan karakter kaum muda yang diserahkan kepada Gerakan Pramuka”, tegas kak Martias Wanto.

“Alhamdulillah, berdasarkan penilaian Kwarda 03 Sumbar, Kwarcab Agam dinobatkan sebagai Kwarcab Tergiat III Tahun 2019. Raihan perdana yang selama ini belum kita capai, perlu kita syukuri dan tingkatkan. Melalui Rakercab 2020 ini, mari kita evaluasi semua kegiatan yang telah dilaksankan selama tahun 2019, nilai sisi-sisi kelebihan dan sisi-sisi kekurangannya” ucap kak Martias Wanto.

Dalam momentum Rakercab 2020 ini, Kak Martias Wanto mengajak dan memimpin semua peserta mengirimkan doa untuk para korban Anggota Pramuka Penggalang Gudep Pangkalan SMPN 1 Turi Kabupaten Sleman, serta jadikan peristiwa tersebut sebagai pembelajaran bagi kita, terutama bagi pembina pramuka gugus dalam memimpin kegiatan di alam terbuka, sebut Martias Wanto berharap.

Diakhir sambutannya, kak Martias Wanto mengingatkan peserta bahwa kegiatan MAHACATING (Perkemahan Andalan Cabang dan Ranting) yang digelar pada tahun 2018 merupakan kegiatan produk Kwarcab Agam, perlu kembali digelar tahun ini karena pada tahun 2019 tidak kita programkan.

Sementara itu, Waka IV / Ketua Bidang Organisasi Keuangan Usaha dan Pengabdian Masyarakat Selaku Ketua Panitia dalam laporan nya menyebutkan tujuan diselenggarakan Rakercab 2020 untuk mengevaluasi kegiatan/program kerja yang telah dilaksanakan tahun 2019, merumuskan dan menyusun Program Kerja Tahun 2020 sekaligus mensosialisasikannya, merumuskan kebijakan dalam memajukan pramuka, serta mensinergikan dengan kegiatan di tingkat nasional, daerah, cabang, ranting dan saka.

Rakercab merupakan “Wadah Silaturrahmi, Evaluasi, Konsolidasi Organisasi serta Peningkatan Aksi dan Pembinaan Karakter Kaum Muda Berprestasi Madani”. Inilah tema yang diangkat dalam Rakercab 2020 ini, dengan tetap berpegang teguh pada motto Gerakan Pramuka ”Satyaku Ku Darmakan Darmaku Ku Baktikan” yang didasari oleh sikap ”Ikhlas Bakti Bina Bangsa Berbudi Bawa Laksana”, sebut kak Khairul Koto.


“Kendatipun pada saat belum semua peserta yang hadir, direncanakan juml;ah peserta yang diundang 91 orang, terdiri dari semua pengurus/Andalan Cabang, Pengurus Pusdiklatcab, Pengurus Pincab Saka dan 2 orang Pengurus utusan 16 Kwarran. Semoga Rakercab ini berjalan dengan baik tertib dan lancar serta menghasil rumusan program kerja yangdisepakati dan dapat memajukan kegiatan kepramukaan di Kabupaten Agam” ungkap kak Khairul Koto mengakhiri laporannya.

Acara pembukaan Rakercab dihadiri oleh wakil dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian, Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dinas Lingkungan Hidup, dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Agam. (KK*03.06.0002#).

Komentar