Menpora Mantan Pemimpin Barung Buka Rakernas 2020 Secara Resmi “Gerakan Pramuka Agar Tetap Mempertahankan Karakter dan Budaya Yang Sudah Dikenal Dunia”



JAKARTA — Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Gerakan Pramuka Tahun 2020 secara resmi dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali di Aula Sarbini Taman Rekreasi Wiladatika (TRW) Cibubur, Jakarta, Rabu (19/02/2020).
"Terima kasih, ini adalah kesempatan yang baik buat saya, sehingga bisa secara langsung bertatap muka dengan Pengurus Gerakan Pramuka Tingkat Nasional dan Daerah. Ini merupakan suatu hal yang membanggakan," kata Menpora.

Menpora juga mengenang dirinya saat aktif dalam Gerakan Pramuka semasa sekolah. Kala itu, Menpora sempat menjadi Pimpinan Regu dalam kegiatan pramuka. Baginya, pengalaman tersebut sangat berharga dan membanggakan.

"Suatu hal yang membanggakan, keaktifan saya di pramuka sejak sekolah. Ketika saya datang ketempat ini, dan menggunakan seragam pramuka, saya teringat saat saya menjadi Pemimpin Barung Siaga. Teringat masa lalu adalah hal yang sangat membanggakan," kenang Menpora lalu disambut tepuk tangan dari peserta Rakernas.

Oleh karena itu, Menpora mengapresiasi kegiatan Rakernas Gerakan Pramuka 2020, dan kedepan bisa terus bersinergi serta dipertahankan. Kini, Menpora menyampaikan pihaknya tengah memfokuskan program pemuda diantaranya: pemberdayaan pemuda menjadi kreatif, inovatif, mandiri, berdaya saing, serta menumbuhkan semangat kewirausahaan.


"Kemudian, kita mendorong penguatan ideologi Pancasila dan karakter serta budaya bangsa dikalangan pemuda. Ini sejalan tentunya dengan Gerakan Pramuka. Saya yakini, pramuka adalah organisasi terstruktur dari tingkat Nasional hingga Daerah, Cabang dan Ranting. Besar harapan kita bersama untuk bersinergi dan menularkan hal-hal yang positif," ujar Menpora.

Dalam kesempatan yang baik ini, Menpora juga berharap Gerakan Pramuka tetap mempertahankan karakter dan budaya yang sudah dikenal oleh dunia. Kementerian juga menyambut baik kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan oleh Gerakan Pramuka.

“Mari kita bersinergi bersama dan tentu kemenpora akan mendukung semampunya. Daripada anak muda tawuran antar supporter, lebih baik mereka ikut jambore saja,” candanya disambut tawa seluruh hadirin.

Di penghujung sambutannya, Zainuddin Amali berdoa semoga dalam kegiatan yang akan datang Gerakan Pramuka tetap mengundang Menpora. Hal ini tentu merupakan sebuah candaan bagi semuanya, mengingat dalam proses perubahan Undang-Undang Gerakan Pramuka, akan ada perubahan koordinasi Kementerian.

Menpora didampingi oleh Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Kak Budi Waseso, memukul Gong tanda dibukanya Rakernas 2020 dengan tema Peningkatan Peran Gerakan Pramuka dalam Bela Negara dan Penanggulangan Bencana yang akan berlangsung sampai hari Jumat, 21 Februari 2020 mendatang. (#KK*03.06.0002#).


Komentar