Kwarda 03 Gerakan Pramuka Sumbar “Perkuat Fungsi Kepala Sekolah Selaku Kamabigus Melalui Orientasi Kepramukaan”

 

Kwarda 03 Gerakan Pramuka Sumatera Barat mulai gencar-gencarnya memprogramkan melaksanakan kegiatan Kursus Orientasi Kepramukaan yang di mulai tahun 2020 dan berlanjut untuk tahun 2021, yang pesertanya adalah para Kepala SMA/SMK/SLB secara bertahap perwilayah cabang dinas.

Untuk tahap awal, pelatihan ini digelar dalam wilayah Kwarcab 0306 Gerakan Pramuka Kabupaten Agam, diikuti oleh Kjepala SMA/SMK/SLB se-Kabupaten Agam, Kota Bukittinggi dan Kota Padang Panjang, pada hari Sabtu 22 Agustus 2020 bertempat di The Balcone Hotel Padang Tujuh Nagari Gadut Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam.

Wakil Gubernur Sumatera Barat Drs. H. Nasrul Abit Selaku Ketua Kwarda 03 Gerakan Pramuka Sumatera Barat dalam sambutan pembukaan oreintasi tersebut menekankan penting dan perlunya dilaksanakanya dan diikuti oleh Kamabigus SMA/SMK/SLB se-Sumatera Barat, dalam menggerakan kepramukaan di gugus depan (gudep) masing masing.


Dalam kesempatan tersebut, Ketua Kwarda mengajak para Kepala Sekolah untuk bersama-sama dalam membina dan mempersiapkan karakter kaum muda milenial melalui kegiatan kepramukaan.

 

Bertindak sebagai narasumber dalam orientasi kepramukaan ini adalah Adib Alfikri,SE,M.SI Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat, bersama 2 narasumber dari Kwarda 03 Gerakan Pramuka Sumbar, yaitu Firsta, SH, MM Wakil Ketua / Ketua Bidang Pembinaan Anggota Dewasa (Binawasa) dan Candrianto, ST. M.Pd Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tingkat Daerah (Pusdiklatda).

Adib Alfikri dalam paparannya mengungkapkan bahwa kita semua sudah paham akan tugas pokok Gerakan Pramuka dalam menyelenggarakan pendidikan kepramukaan bagi kaum muda guna menumbuhkan tunas bangsa yang berkarakter agar menjadi generasi yang lebih baik, bertanggungjawab, mampu membina dan mengisi kemerdekaan serta membangun dunia yang lebih baik.

“Aturan tentang Gerakan Pramuka sudah jelas dan semua kita mengakui bahwa kegiatan kepramukaan merupakan kegiatan ekstrakurikuler wajib yang harus dilaksanakan” sebut Kepala Dinas.

Lebih lanjut Kepala Dinas mengisyaratkan pindahnya pengelolaan pendidikan SMA/SMK/SLB ke provinsi, tidak serta merta lepas dari Kecamatan dan Kabupaten/Kota. Segera aktifkan kegiatan kepramukaan di sekolah atau gudep masing-masing, laksanakan koordinasi dan kerjasama dengan Kwarran dan Kwarcab, sekaligus menugaskan Kacabdin Wilayah Agam, Bukittinggi dan Padang Panjang untuk menjalin komunikasi dan koordinasi tersebut.

Bahkan pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas mengharapkan harus ada tindak lanjut dari kegiatan orientas ini, apakah dalam bentuk kegiatan bersama dan lain sebagainya, sekaligus memberikan kewenangan kepada Kacabdin untuk mengkoordinir dan menindaklanjutinya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Edwarsyah Ramli, S.Sos dalam laporannya menyebutkan bahwa orientasi bagi 100 orang Kepala SMA/SMK/SLB se-Sumatera Barat Tahap I ini dilaksanakan sejalan dengan peringatan Hari Pramuka Ke-59 Tahun 2020 Tingkat Kwarda 03 Gerakan Pramuka Sumbar.

Orientasi Kepramukaan ini bertujuan untuk membekali dan memperluas wawasan serta memperkuat fungsi Kepala Sekolah dalam pembinaan pramuka di sekolah atau gugus depan, yang merupakan garda terdepan dan ujung tombak pembinaan karakter kaum muda, khususnya Anggota Pramuka Penegak yang berpangkalan di SMA, SMK dan SLB, ungkap Edwarsyah.

(#KK*03.06.0002#).


Komentar