UPACARA HARI PRAMUKA KE-59 DI TENGAH PANDEMI COVID-19



Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan IV Koto Kwarcab 0306 Agam menggelar upacara peringatan Hari Pramuka Ke-59 secara virtual pada hari Rabu 19 Agustus 2020 bertempat di Aula Guru Kecamatan IV Koto

Bertindak selaku Pembina Upacara adalah Camat IV Koto Ekko Espito, S.STP, MM selaku Kamabiran dan turut hadir KUK Pendidikan IV Koto kak SURYADI, S.Pd, M.M.Pd serta jajaran Pengurus/Andalan Ranting Kwarran IV Koto.

Ketua Kwarran IV  Koto kak Astati, S.Pd menyampaikan bahwa peringatan Hari Pramuka tahun ini tidak bertepatan dengan Hari Pramuka yang jatuh tanggal 14 Agustus 2020. Hal ini kita laksanakan karena menyesuaikan dengan jadwal Kamabiran dan Koordinator Unit Kerja Pendidikan serta kondisi daerah .

Lebih lanjut kak Astati menyebutkan bahwa peringatan Hari Pramuka ini jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, biasanya digelar di lapangan terbuka dengan berbagai kegiatan dan perlombaan namun tahun ini diselenggarakan secara virtual karena menyesuaikan dengan kondisi yang masih di tengah pandemi Covid-19.


Selain dari jajaran Kwarran IV Koto,  peserta upacara secara virtual ini diikuti oleh anggoat pramuka dari 23 gudep yang berpangkalan di SD, 4 gudep berpangkalan di SLTP dan 4 gudep berpangkalan di SLTA dengan jumlah peserta dibatasi maksimal 8 orang per gudep. Semua mengikuti protokol kesehatan secara ketat, cek suhu badan, cuci tangan pakai sabun pakai masker dan jaga jarak.
Tema Hari Pramuka tahun ini adalah "Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu Dalam Penanggulangan Bencana Covid-19 dan Bela Negara", yang merupakan perwujudan semangat untuk membantu menanggulangi bencana akibat wabah covid-19 yang sampai saat ini masih menjadi masalah besar bagi kita, ungkap kak Astati yang juga Korp Pelatih Pramuka Kwarcab Agam. 

Kak Asril Je Sidi dari Andalan Ranting Urusan Organisasi dan Hukum menambahkan bahwa, Pramuka Peduli Kwarran IV Koto bekerjasama dengan Puskesmas dan Koramil telah membagi-bagikan masker kepada warga sebanyak 1.000 eksemplar.

Atas terselenggaranya Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke-59 ini secara virtual, Ketua Kwarcab Agam kak Drs. H. Martias Wanto, MM melalui kak Khairul Koto, S.Sos Selaku Waka IV / Ketua Bidang Organisasi Keuangan Usaha dan Pengabdian Masyarakat Kwarcab Agam mengacungkan jempol dan mengucapkan ribuan terima kasih kepada Mabiran dan Pengurus Kwarran IV Koto.

Apalagi seusai upacara dilanjutkan dengan ramah tamah dan dialog, dipandu oleh kakak Suryadi. Lagi pula proses pelaksanaan upacara, disamping berjalan dengan terbit dan lancar, juga direkam dan disebarkan oleh Je Sidi ke Youtube, sehingga semua orang dapat menyaksikannya. Inilah keistimewaan dan hal yang menarik dan unik dari Kwarran IV Koto, sebut kak Khairul Koto mengakhiri.
                                 (#KK*03.06.0002#).

Komentar