Lembaran Sejarah Baru “Pelantikan Kepengurusan Mabiran dan Kwarran Secara Virtual”


Kwartir Cabang 0306 Gerakan Pramuka Agam buka lembaran sejarah baru dalam pelaksanaan Pelantikan Pengurus Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) dan Pelantikan Pengurus Kwartri Ranting (Kwarran) secara Virtual di masa pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).
 
Pelantikan secara virtual ini berlangsung hari Selasa 13 Oktober 2020 dimulai pukul 10.20 WIB dengan pusat kegiatan di Ruang Rapat Khusus Kantor Bupati Agam, Aula Kantor Camat Kamang, Aula Kantor Camat  Kamang Magek, Aula Kantor Camat Sungai Pua, Aula Kantor Camat Palupuh dan Aula Kantor Camat Baso.
 
Empat kepengurusan Mabiran yang dilantik oleh Ketua Kwarcab kak Martias Wanto tersebut dipandu langsung oleh Wakil Ketua IV / Ketua Bidang Organisasi Keuangan Usaha dan Pengabdian Masyarakat (Orkes Abdimas) kak Khairul Koto, serta didampingi oleh Sekretaris Kwarcab kak Benny Sastra dan Sekretarias DKC Firdaus Rajulul Haq.
 
Pengurus Mabiran yang dilantik oleh Ketua Kwarcab adalah Pengurus Mabiran Palupuh Masa Bakti 2018-2021 yang diketuai oleh Camat Palupuh kak Hasrizal, S.Sos. Selanjutnya Ketua Mabiran melantik Pengurus Kwarran Palupuh yang diketuai oleh Jonrinel, S.Pd.
 
Kepengurusan Kwarran Palupuh sudah diterbitkan Kwarcab SK nya pada bulan Juli 2018, namun belum dilantik, dan pada bulan Desember 2019 SK tersebut direvisi karena perganbtian Ketua Kwarran dan adanya beberapa orang pengurus yang pindah tugas.
 
Selanjutnya Ketua Kwarcab melantik Pengurus Mabiran Kamang Magek Masa Bakti 2020-2023 yang diketuai oleh Camat Kamang Magek kak Rio Eka Putra, S.IP, M.Si. Berikutnya Ketua Mabiran Kamang Magek melantik Pengurus Kwarran Kamang Magek yang diketuai kak Andri, S.Pd.
 
Kemudian Pelantikan Pengurus Mabiran Sungai Pua Masa Bakti 2020-2023 yang diketuai oleh Camat Sungai kak Syafrizal, S.Sos, dan Ketua Mabiran melantik Pengurus Kwarran Sungai Pua yang diketuai oleh kak Erizon.
 
Terakhir adalah Pelantikan Pengurus Mabiran Baso Masa Bakti 2020-2023 yang diketuai oleh Pelaksana Tugas Camat Baso yang juga Camat Ampek Angkek kak Yogi Astarian, S.STP. Dilanjutkan dengan Pelantikan Pengurus Kwarran Baso yang diketuai oleh kak   Arzet , S.Pd sesuai dengan hasil Musyawarah Ranting (MUSRAN) Gerakan Pramuka Kecamatan Baso pada tanggal 17 Agustus 2020 YANG LALU.
 
Ketua Kwarcab dalam sambutannya berpesan agar segenap Anggota Pramuka Selalu berada di depan, menjadi pelopor dan penawar dalam pencegahan Covid-19 dengan jalan mensosialisasikan kepada masyarakat dan/atau mengajak masyarakat untuk beraktifitas sesuai dengan Protokol Kesehatan Covid-19.
 
Menurut Waka IV Kwarcab kak Khairul Koto, bahwa pelantikan dilaksanakan dengan menerapkan Protokol Kesehatan atau protokol physical distancing, dalam rangka pencegahan Corona Virus Disease 19 atau Covid-19, yaitu dengan : mencuci tangan pakai sabun dan/atau handsanitizer, memakai masker, menjaga jarak dan tidak berkerumun.
 
Walaupun pelantikan ini dilakukan secara virtual namun pelaksanaan pelantikan tetap sesuai dengan petunjuk penyelenggaraan yang telah ditetapkan oleh Kwartir Nasional, sebut Khairul Koto.

Komentar