Kwartir Cabang 0306 Gerakan Pramuka Agam bekali Anggota Muda Pramuka Pelatihan Jurnalistik Dasar



Kwartir Cabang 0306 Gerakan Pramuka Agam bekali Anggota Muda Pramuka Penegak dan Pandega pelatihan jurnalistik dasar di Sekretariat Kwarcab Agam, Lubuk Basung, Sabtu dan Minggu (30-31/10).

Ketua Kwarcab Agam diwakili Khairul Koto, mengatakan, kegiatan pelatihan jurnalistik ini merupakan program lembaga tahun 2021 dan ditujukan untuk anggota muda Pramuka Penegak dan Pandega di Kabupaten Agam.

"Dalam hal ini kita bekerjasama dengan insan pers dari PWI dan wartawan berpengalaman lainnya,"katanya.

Pihaknya memberikan apresiasi yang tinggi atas terselenggaranya pelatihan ini, karena turut didukung Kwartir Ranting di Kabupaten Agam, Dewan Kerja Cabang dan Saka Adhyasta melalui kehadiran dalam kegiatan yang dilakukan.

Semoga hasil kegiatan tersebut para peserta mendapatkan bekal untuk menjadi penulis, fotografi atau wartawan, khususnya di media internal lembaga kwarcabag4m.org dan lainnya.

Karena itu, potensi ini dikembangkan secara massif dan menghasilkan produk berita, foto dan video di masa selanjutnya.

"Mudah mudahan Kwarcab Agam saat ini mampu melahirkan pewarta Pramuka yang handal dan mampu berkontribusi memajukan organisasi menjadi lebih baik dan berkembang,"katanya.

Ketua PWI Agam Mursyidi berharap, program ini menjadi program utama dan rutin dilakukan oleh organisasi,agar terwujud kesinambungan kader pewarta baru setiap tahunnya.

"Hal ini sangat bermanfaat dan berdampak besar dalam mendorong generasi muda seperti dari anggota Pramuka pandega dan penegak dalam mengembangkan bakat di bidang jurnalistik,"katanya.

Selain itu, tidak saja berpotensi membesarkan organisasi di kalangan masyarakat,juga bisa menjadi salah satu profesi bagi peserta untuk menjadi wartawan handal di media massa yang ada saat ini.

Komisioner Bawaslu Agam Hendra Susilo, mendukung program yang dilakukan ini dan pihaknya ikut berpartisipasi dalam melaksanakan sosialisasi pengawasan partisipatif pemilu terhadap anggota Pramuka pandega dan penegak ini.

"Tepat pada tahun 2024 mendatang, semua peserta dapat menyalurkan suaranya kepada tokoh yang dinilai mumpuni dalam menyalurkan aspirasi masyarakat," katanya.

Panitia pelaksana, Benny Sastra menyampaikan, jumlah peserta sebanyak 20 orang, dan mereka berasal dari utusan ranting Pramuka di kecamatan dan Dewan Kerja Cabang serta Satuan Karya (Saka).

Pelaksanaan kegiatan berlangsung selama dua hari, yaitu Sabtu-Minggu (30-31/10, yang digelar di Sekretariat Kwarcab Agam.

"Materi pelatihan, mencakup kebijakan Pramuka, bidang pengawasan pemilu partisipatif, teknik penulisan berita, kode etik pers, fotografi dan Jurnalistik online,"katanya.

Diharapkan hasil pelatihan ini, karya peserta dapat diterapkan sebagai salah satu ujung tombak penyampaian informasi di kecamatan masing-masing. MS

Komentar