MTsN 11 Agam Laksanakan Latihan Bersama Penegak Bantara MAPEGA


Anggota Pramuka Penggalang Pangkalan MTsN 11 Agam pada Sabtu (13/11) melaksanakan latihan pramuka bersama Anggota Pramuka Penegak Bantara MAN 4 Agam (MAPEGA), diantaranya Ivan, Akbar, Dzikra, Ghania, Fauzia, Olivia, Fuji, Zahrah, Lidiya, Dhya dan Siti,

Mereka merupakan perwakilan MAN 4 Agam yang siap berbagi ilmu-ilmu kepramukaan kepada adik-adik Penggalang MTsN 11 Agam, diawali dengan Upacara Pembukaan Latihan pukul 13.30 WIB, dipimpin oleh Ivan sebagai Pratama, Olivia sebagai pembacaan Dasa Darma dan Fauzia sebagai Pembinanya.

Fauzia mengatakan, terima kasih kepada adik-adik yang telah berkesempatan hadir dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka pada hari ini, yang bersifat wajib di madrasah, dan juga kegiatan ini juga bisa menambah wawasan kita sebagai generasi yang akan melanjutkan perjuangan bangsa kedepannya.

"Dalam kegiatan latihan pramuka ini kita diajarkan menjadi sosok manusia yang disiplin dan menanamkan nilai-nilai tanggung jawab terhadap diri sendiri, keluarga dan masyarakat, "katanya.

Selesai upacara pembukaan, adik-adik Penggalang MTsN 11 Agam yang berjumlah 51 orang kelas Vll dan 28 orang kelas Vlll lokal masuk lokal dengan materi latihan Sandi Kotak 1 dan Sandi Kotak 2 dibawah binaan kakak Irsyad selaku Pembina Pramuka MTsN 11 Agam bersama Penegak Bantara MAN 4 Agam secara teori dan praktek. 

Kegiatan ini berjalan lancar yang diselingi canda dan gurauan serta pemainan-permainan. Selanjutnya Penegak Bantara memberikan tugas berupa pembuatan pantun/puisi yang memakai Sandi Kotak 2 sebagai bukti bahwa adik-adik tersebut sudah paham dengan materinya. 

Sampai waktu shalat masuk, semua peserta dan pembina yang hadir melaksanakan shalat di masjid yang ada di kampus madrasah. Selesai sholat, kegiatan dilanjutkan dengan Upacara Penutupan Pelatihan Pramuka. 

Dalam kesempatan tersebut, kakak Irsyad sebagai pembina dan Fuji sebagai Pratama, mengucapkan terima kasih kepada adik-adik Penegak Bantara MAN 4 Agam yang telah hadir dan meluangkan waktunya untuk membantu membagikan ilmu-ilmunya. 

"Bagi adik-adik, untuk latihan selanjutnya tidak ada yang tidak hadir lagi. Karena, ekstrakulikuler Pramuka ini bersifat wajib,"katanya.

Kak Irsyad meminta peserta latihan agar belajar lagi dan buat tugas-tugas yang diberikan kakak Penegak Bantara tersebut. Diharapkan semoga dengan kehadiran anggota Penegak Bantara dari MAN 4 Agam ini dapat menjalin tali silaturrahmi kita dalam memajukan pramuka di Kabupaten Agam umumnya dan khususnya di Kecamatan Tanjung Raya.(Fuji)

Komentar

Posting Komentar