Kwarcab Pramuka Agam siap terapkan program Kwarcab Pramuka Kabupaten Siak di tempat masing-masing

 


Sekretaris Kwarcab Pramuka Kabupaten Siak Provinsi Riau Mahadar, menyampaikan, program kepramukaan dilakukan secara konsisten dan berkelanjutan di Kabupaten Siak.

"Bahkan untuk menjadi kepala sekolah disyaratkan harus mengenal dengan baik tentang kepramukaan," kata Mahadar, saat menerima kunjungan Studi Banding Kwarcab Pramuka Agam di aula Kwarcab Pramuka Kabupaten Siak di Bumi Perkemahan Tengku Buang Asmara, Merempan Hilir, Mempura, Senin (27/12).
Pihaknya melakukan program tersebut didukung semua komponen di pemerintahan, sehingga hasilnya berdampak positif pada kemajuan bidang kepramukaan setiap tahunnya.
Itu ditandai meraih prestasi terbaik di bidang lingkungan hidup tingkat nasional beberapa waktu sebelumnya.
"Dalam menyukseskan program ini, pembinaan dan pelatihan pramuka dilakukan secara intensif di seluruh sekolah di Kabupaten Siak,"katanya.
Semua berjalan seiring sejalan antara satu dengan lainnya, sehingga prestasi yang diraih selalu berada pada posisi teratas.
Diakui, peran kepala daerah sangat tinggi dalam pengembangan bidang kepramukaan, dan anggaran untuk program ini mencapai Rp 300 juta dan meningkat menjadi Rp 1,2 miliar tahun mendatang. 
Selain itu pihaknya kini memiliki areal bumi perkemahan seluas 10 hektar dan bisa menampung 2000 ribu lebih peserta jambore. Dan sekaligus Sekretariat Kwarcab Pramuka diposisikan di areal perkemahan ini.
"Kegiatan jambore dilakukan di lokasi ini setiap tahun sejak diresmikan tahun 2017 hingga saat ini,"katanya.
Wakil Ketua Kwarcab Pramuka Agam Khairul Koto, mengatakan, akan menjadikan pengalaman dan program yang dilakukan di Kabupaten Siak ini diterapkan di Kabupaten Agam sesuai kemampuan yang dimiliki.


"Setahap demi setahap akan terus ditumbuhkembangkan gerakan pramuka di Kabupaten Agam,"katanya.
Untuk saat ini, berbagai pembinaan, pelatihan dan kegiatan kepramukaan terus berjalan di seluruh sekolah di Kabupaten Agam. 
Hasilnya cukup memuaskan, karena mampu meraih kwarcab tergiat II tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun ini.
Diharapkan dengan ikutnya berbagai komponen Pramuka Kabupaten Agam ke Kabupaten Siak ini akan ditularkan pengalaman yang ada ke seluruh gugus depan dan anggota pramuka
di tempat masing-masing. 
Adapun yang mengikuti program studi banding ini dari unsur pengurus kwarcab, kwarran, pelatih, dewan kerja cabang, dan rombongan lainnya.Ms

Komentar