Wakil Ketua Kwarcab Agam Khairul Koto dan DKC Agam Weni Oktafia ikuti Sosialisasi Petunjuk Penyelenggaraan Gerakan Pramuka


PADANG - Wakil Ketua Kwarcab / Ketua Bidang Organisasi Keuangan Usaha dan Pengabdian Masyarakat Kwarcab Agam Khairul Koto, S.Sos dan Weni Oktafia mewakili Pengurus DKC Kwarcab Agam mengikuti Sosialisasi Petunjuk Penyelenggaraan Gerakan Pramuka Tahun 2021 di Hotel Grand Zuri Premiere Padang Selasa (21-22/12).

Kegiatan Sosialisasi Petunjuk Penyelenggaraan Gerakan Pramuka yang digelar oleh Kwartir Daerah 03 Gerakan Pramuka Sumatera Barat diikuti oleh 95 peserta dari unsur Pimpinan Kwarda, Andalan Daerah, utusan Kwarcab Gerakan Pramuka se-Sumatera Barat dan Pimpinan Satuan Karya Pramuka (Saka) Tingkat Daerah.



Panitia Pelaksana Dr. Syofyan, M.Si, M.Farm dalam laporannya menyampaikan bahwa Sosialisasi Petunjuk Penyelenggaraan Gerakan Pramuka ini dilaksanakan terkait dengan terbitnya empat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka terbaru Tahun 2021.

Keempat Keputusan Kwarnas tersebut yaitu Keputusan Kwarnas Nomor: 01 Tahun 2021 tentang Peraturan Pengorganisasi Pusat Penelitian dan Pengembangan Gerakan Pramuka, Keputusan Kwarnas Nomor: 02 Tahun 2021 tentang Peraturan Pengorganisasi Nomor: 02 Tahun 2021 tentang Peraturan Pengorganisasi Pusat Informasi Gerakan Pramuka.

Selanjutnya Keputusan Kwarnas Nomor: 03 Tahun 2021 tentang Peraturan Satuan Karya Pramuka dan  Keputusan Kwarnas Nomor: 145 Tahun 2021 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Sistem Administrasi Kwartir Gerakan Pramuka.

Khusus untuk peserta utusan Kwarcab, ungkap Syofyan diikuti oleh 15 Kwarcab. Yang diundang sebagai peserta sebanyak 3 orang per-kwarcab, yaitu Wakil Ketua Kwarcab yang membidangi Organisasi dan Hukum, Sekretaris Kwarcab dan Pengurus DKC se-Sumatera Barat.

Ketua Bidang Litbang dan Kerohanian H. Maigus Nasir, S.Pd mewakili Ketua Harian Kwarda 03 Gerakan Pramuka Sumatera Barat membuka secara resmi Sosialisasi Petunjuk Penyelenggaraan Gerakan Pramuka ini.

Maigus Nasir menyampaikan, bahwa kegiatan ini sangat penting untuk kita semua dalam menjalan roda organisasi. Kegiatan ini akan berlangsung sampai esok hari. Tak lupa dia mengapresiasi pembaca ayat suci Al-quran yang begitu indah. 

"Semoga nanti kita bisa mengadakan kegiatan MTQ Pramuka ini kembali dan kita akan usulkan kegiatan MTQ sampai ke tingkat nasional,"katanya.(Weni).

Komentar