126 Peserta KMD Kwarran Tanjung Mutiara Gelar Api Unggun




Salah satu rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) di Kwarran Tanjung Mutiara adalah melaksanakan Upacara Api Unggun pada Sabtu (1/1) malam.

Kegiatan KMD yang diikuti 126 peserta dari dua gugus itu terdiri dari 15 Gugus Depan atau sekolah, yang melibatkan semua guru dan operator di sekolah masing-masing. Kegiatan yang digelar sesuai dengan Keputusan Kwarnas Nomor 63 Tahun 2014 yang menegaskan bahwa pramuka adalah ekstra kulikuler wajib di sekolah. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Wakil Ketua lV Kwarcab Agam, Khairul Koto,S,Sos yang juga bertindak sebagai Pimpinan Kursus.

Ketua Panitia Pelaksana,Irnetti,S.Pd menyampaikan, kegiatan ini diharapkan dapat menyiapkan pendidik dan pembina yang mampu menyiapkan generasi yang berakhlak. 

"Antusias para peserta yang mengikuti kegiatan ini patut diberi apresiasi, meskipun dalam keadaan hujan dan udara yang sangat dingin, namum semangat para peserta sangat luar biasa.

Api unggun dalam kegiatan pramuka di gunakan untuk membina kecerdasan,kreatifitas seni, kreatifitas kepercayaan diri, dan hiburan dengan suasana riang dan gembira. Kegiatan api unggun juga merupakan momen yang selalu ditunggu oleh seluruh anggota pramuka, karena api unggun sebagai acara penutup kegiatan pramuka,"ungkap Irnetti.

Ketua Kwarran Tanjung Mutiara, Masri S.Pd, MM,Pd berpesan agar  peserta KMD  menjadi partisipan yang aktif. Kegiatan ini merupakan portofolio yang sangat bermanfaat bagi peserta didik, sebagai bekal untuk memperkuat leadership, di dalam maupun di luar lingkungan. Kepada semua Gugus Depan (Gudep) yang mengikuti kegiatan agar menindaklanjutinya di sekolahnya masing-masing.

Semoga dengan diadakannya kegiatan ini dapat momotivasi  guru untuk aktif dalam melaksanakan kegiatan pramuka ini di sekolahnya masing-masing," tegas Ketua Kwarran. (Rahmat Zainur).

Komentar