Tetap Solid, Pramuka MAN 4 Agam Latihan Perdana Bersama Purna Bantara

Gugus Depan (Gudep) 09-111 dan 09-112, Ambalan Buya Hamka dan Rasuna Said, Pangkalan MAN 4 Agam, kembali mengadakan kegiatan kepramukaan pada Semester Genap TP 2021/2022, Jum'at (7/1). Kegiatan diikuti 84 orang, yang terdiri dari 11 orang anggota Pramuka Penegak, 21 orang calon Pramuka Penegak Bantara, dan 53 anggota Pramuka Penegak Bantara. Selain peserta, Purna Bantara juga ikut mendampingi selama kegiatan berlangsung.

Latihan kali ini diawali dengan Upacara Pembukaan Latihan di lapangan MAN 4 Agam. Peserta berbaris menurut tingkatannya, mulai dari anggota Pramuka Penegak, Calon Penegak Bantara,  Penegak Bantara. Bertindak sebagai Pradana, Tika Oktaweni, sedangkan amanat  disampaikan Pembina Pramuka, Darmansyah.

“Selamat berjumpa kembali adik-adik. Mari kita terus melatih kedisiplinan, rasa cinta dan tanggung jawab terhadap madrasah yang kita cintai ini. Pertemuan pertama ini diharapkan menjadi penyemangat bagi adik-adik. Semoga bisa menjadi Pramuka yang taat kepada Tuhan Yang Maha Esa, disiplin, dan bertanggung jawab dalam segala hal,” ucap Darmansyah.

Selesai upacara pembukaan,  masing-masing tingkatan diarahkan untuk memasuki ruangan yang telah ditentukan. Kegiatan pembinaan untuk anggota pramuka diberikan oleh kakak Bantara, yaitu Zahra Khalilullah, Salsa Arnisma Ramadhani, dan Zaki Febrian dengan materi PPGD.  Kegiatan  bagi calon Bantara diberikan Tika Oktaweni dan kawan-kawan. Selebihnya, anggota Bantara melaksanakan kegiatan gerakan kebersihan lingkungan madrasah.

Setiap ada latihan, Purna Bantara Ambalan Buya Hamka dan Rasuna Said selalu hadir. Pada pertemuan kali ini hadir kak Ilhan Pahlevi Ikhsanul Khairi, Zuril Fadli Yahya, M.Irsyad Nazif, Abil Rehadatul Aisy, Muhammad Fadil dan Kak M.Irsyad.  Saat ini Para Purna Bantara tersebut sedang melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Meskipun demikian, mereka selalu menyempatkan hadir dalam setiap kegiatan. Selain untuk menjalin silaturahim, mereka juga tidak lupa berbagi ilmu dan pengalaman kepada adik-adik Pramuka.

Selesai Shalat Ashar berjamaah, peserta kembali berkumpul di tempat semula dan melanjutkan kegiatan. Kegiatan ditutup pukul 16.30 WIB dalam suatu upacara. Upacara penutupan dipimpin kembali Tika Oktaweni selaku Pradana, sedangkan amanat disampaikan Siti Nurul Aisyah selaku Pradani Ambalan Buya Hamka dan Rasuna Said, Pangkalan MAN 4 Agam Angkatan XII.

“Terima kasih kepada adik-adik yang hadir pada kegiatan kepramukaan kita hari ini. Kakak harap adik-adik dapat menyerap ilmu yang sudah diberikan oleh kakak-kakak Bantara. Tetap semangat dan sampai jumpa pada pertemuan berikutnya, ujar Kak Aisyah.


Usai upacara penutupan, salah seorang Bantara langsung mengambil alih pasukan. “Silakan adik-adik pulang ke rumah masing-masing. Kakak harap tidak ada yang singgah atau mampir  ke tempat lain. Semoga ilmu yang diberikan bermanfaat bagi adik-adik", ujar Fuji Lestari. Selesai penyampaian pesan-pesan dari kakak Bantara, peserta pulang ke rumah masing-masing, sedangkan anggota Bantara berkumpul melaksanakan evaluasi kegiatan yang merupakan rutinitas setiap selesai latihan Pramuka. (Fuji Lestari).

 

Komentar