Pengurus dan Tim Reporeter Pusinfo Pers Kwarcab Agam Laksanakan Rapat Melalui Zoom Meeting



Pusinfo Pers Kwarcab Agam - Pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Agam mengukuhkan Pembentukan Pusinfo Pers Kwarcab Agam dan Pengukuhan Pengurus Pusinfo Pers Kwarcab Agam Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kabupaten Agam melalui Surat Keputusan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Agam Nomor 15 Tahun 2021.

Demikian disampaikan Wakil Ketua IV Kwarcab Agam, Kak Khairul Koto saat rapat bersama melalui zoom meeting Pengurus Pusinfo Pers Kwarcab Agam dan Anggota Reporter Pusinfo Pers Kwarcab Agam, Senin (28/2) malam.

Dijelaskan Kak Khairul Koto, pembentukan Pers Kwarcab Agam yang semula mengacu pada Surat Kwarnas Nomor: 0271 Tahun 2017 perihal Himbauan membumikan semboyan "Setiap Pramuka adalah kantor berita dan pembuatan video dokumentasi bersama", kemudian terbit Petunjuk Penyelenggaraan (Jukran) Gerakan Pramuka Nomor: 002 Tahun 2021 tentang Peraturan Pengorganisasi Pusat Informasi (Pusinfo) Gerakan Pramuka.

Dalam Jukran Pusinfo tersebut mengamanatkan pembentukan Pusinfo Kwarnas, Kwarda dan Kwarcab. Pusinfo Kwarda dan Pusinfo Kwarcab sebagai pelaksana pelayanan informasi tentang kebijakan kwarnas serta aktivitas dan pendokumentasian rangkaian kegiatan Gerakan Pramuka di wilayah kerja masing-masing, dan berada dalam garis koordinasi secara berjenjang dengan Pusinfo Kwarnas 

Dengan demikian, Pers Kwarcab Agam yang sudah dibentuk dan Reporter Pers Kwarcab Agam yang dikukuhkan pada tanggal 30 Desember 2021 semakin kokoh dan Pers Kwarcab Agam menjadi Pusinfo Pers Kwarcab Agam.

Pembentukan dan Pengukuhan Pengurus Pusinfo Pers Kwarcab Agam Gerakan Pramuka Kwarcab Agam berfungsi sebagai wadah pelayanan informasi. Baik di dalam maupun diluar lingkungan gerakan pramuka. Reporter Pers Kwarcab Agam juga yang akan membuat berita dan tulisan yang dimuat di Website Resmi Kwarcab Agam.

Ketua PWI Kabupaten Agam, Kak Mursyidi dalam pengarahannya menyambut baik telah dibentuk dan dikukuhkannya Pengurus Pusinfo Pers Kwarcab Agam dan telah tersedia reporter Pers Kwarcab Agam di setiap kwartir ranting dan gugus depan.

Dengan sendirinya Website Pramuka Kwarcab Agam bisa terisi dan dapat dijadikan pusat informasi kegiatan kepramukaan yang ada di gugus depan, kwartir ranting dan dapat meliput kegiatan yang ada di lingkungan kwarcab Agam, kata kak Mursyidi sekaligus pimpinan redaksi Pers Kwarcab Agam.

Kakak Maswir, S.Pd selaku Redaktur Pusinfo Pers Kwarcab Agam  mendukung penuh telah terbentuknya Dewan Pusinfo Pers Kwarcab Agam bersama 13 orang aktif dari 18 orang reporter yang telah dikukuhkan telah mulai meliput dan menulis berita di wibsite kwarcab Agam semenjak pertengahan Desember dan awal Januari 2022 sampai sekarang.

Kak Yunaidi.S selaku pimpinan perusahaan mengharapkan kepada reporter yang telah melakukan aktivitas sebagai wartawan pramuka di gugus depan dan di kwartir ranting, terus berupaya aktif dan lebih aktif lagi. Sebab semboyan membumikan bahwa setiap pramuka adalah kantor berita, katanya.

Redaktur bersama pimpinan redaksi, pimpinan umum dan pimpinan perusahaan akan selalu membimbing dalam hal pemberitaan terkait kegiatan OSIS disekolah dan kegiatan kepramukaan, kata Kak Yunaidi, kak Maswir dan kak Mursidi.

Bila reporter pers pramuka sulit dan mendapat kendala terkait penulisan berita, pihak pengurus siap membantu dan membimbing serta mengunjungi sekolah dimana reporter pers pramuka berada. Bila perlu pihak pimpinan, redaktur serta koordinator liputan datang ke sekolah melakukan pembinaan lebih lanjut kata Kak Maswir bersama tim peserta zoom meeting.

Susunan Dewan atau Pengurus Pusinfo Pers Kwarcab Agam, Penasehat Ketua Kwarcab Agam bersama Wakil Ketua III dan Sekretaris. Berikutnya, Pimpinan Umum/General Manager Khairul Koto, S.Sos, Pimpinan Perusahaan Yunaidi.S, S.Pd.M.Pd.

Pimpinan Redaksi Mursyidi, Sekretaris Redaksi Kusma Betty, SH., Redaktur Maswir, S.Pd. dan Rifnal, S.Pd. Koordinator liputan Joni Eka Putra dilengkapi 13 orang Reporter/Tim Pusinfo Pers Kwarcab Agam tersebar di 16 kwartir ranting atau kecamatan. (Fuji Lestari)

Komentar