Dr. Ir. Audy Joinaldy, S.Pt. M.Sc. M.M. IPM. ASEAN.Eng Datuak Rajo Pasisia Alam “Ketua Kwarda Sumbar Terpilih Masa Bakti 2022-2027”

 


Wakil Gubernur Sumatera Barat, Dr. Ir. Audy JoinaldyS.Pt.M.Sc.M.M.IPM, ASEAN.Eng. Datuak Rajo Pasisia Alam terpilih secara aklamasi dan ditetapkan sebagai Ketua Kwartir Daerah 03 Gerakan Pramuka Sumatera Barat Masa Bakti 2022-2027.

Penetapan Audy sebagai Ketua Kwarda Terpilih digelar dalam Sidang Paripurna III Musda 2002 yang berjalan cukup alot di Hotel Imelda Padang pada Minggu (27/3), berawal dari 4 nama Bakal Calon Ketua Kwarda hasil penjaringan yang disampaikan oleh Komisi C, yaitu Audy Joineldi (Wakil Gubernur), Risnawanto (Wakil Bupati Pasaman Barat) , Martias Wanto (Sekda Kota Bukittinggi) dan Julius (Ketua Kwarda domisioner).

Sebelum penetapan calon, Julius selaku Ketua Kwarda Domisioner yang diusung oleh Kwarcab Kota Padang dpersilahkan menuju mimbar podium dan menyatakan tidak bersedia diajukan, dibuktikan dengan tidak ditandatangganinya Surat Pernyataan Kesediaan menjadi Calon Ketua Kwarda..

Setelah presidium Sidang Paripurna III menetapkan 3 nama calon yang dinyatakan memenuhi syarat sebagai calon Ketua Kwarda, Ketua Kwarcab Bukittinggi yang juga Sekda Kota Bukittinggi berdiri dan menyatakan mengundurkan diri sebagai Calon Ketua Kwarda.



Lalu disusul oleh Risnawanto, Ketua Kwarcab Pasaman Barat yang juga Wakil Bupati Pasaman,  menyatakan pengunduran diri dalam sidang paripurna Musda, sehingga tersisa 1 nama Audy Joinaldy sebagai Calon Ketua Kwarda.

Sebelumnya Komisi C mengusulkan tambahan pasal dalam Tatib Musda yang berbunyi “Jika calon Ketua Kwarda 1 atau tunggal, langsung dipilih secara aklamasi sebagai Ketua Kwarda Terpilih” dan diterima oleh peserta dalam sidang paripurna.



Akhirnya peserta Musda secara aklamasi memilih dan menetapkan Audy Joinaldi sebagai Ketua Kwarda Terpilih Masa Bakti 2022-2027, sekaligus sebagai Ketua Tim Formatur dengan 4 anggota yaitu Julius (perwakilan pengurus lama), Dedi Diantolani (unsur Mabida) serta 2 orang perwakilan Kwarcab, Dewi Warman (Kwarcab Padang Pariaman) dan Ritu Kasrianto (Kwarcab Sawahlunto).  

Diakhir acara, Ketua Kwarda Terpilih didaulat menyampaikan sambutan. Dalam sambutannya Audy sempat mengenang dan memberikan apresiasi pada Ketua Gerakan Pramuka Kwarda Sumbar sebelumnya, Almarhum Nasrul Abit. Audy juga menyampaikan kesiapannya mengemban amanah yang dititipkan.

“Insya Allah Saya siap mengemban amanah. Menjaga amanah ini, butuh kolaborasi dengan berbagai pihak, pengurus Kwarda sebelumnya, Kwarcab, Pemerintah, Swasta, hingga NGO,” ujar Audy.

Menurutnya, dengan perubahan zaman 4.0 di masa Covid, Pramuka harus segera menyesuaikan diri, karena yang paling bisa bertahan di dunia ini adalah mereka yang mampu beradaptasi dengan perubahan dan perkembangan zaman.

“Program-program digitalisasi harus ada, harus dilakukan pembaharuan, kita juga minta masukan dari kwartir-kwartir cabang, yang tentu juga harus memiliki program unggulan agar marwah gerakan pramuka terus terjaga,” lanjutnya.

Dalam Sidang Paripurna III ini juga ditetapkan Pengurus Lembaga Pemeriksa Keuangan Kwarda 03 Gerakan Pramuka Sumbar Masa Bakti 2022-2027, terdiri dari Ketua Edwarsyah Ramli (Pengurus Lama), Wakil Ketua Martias Wanto (Kwarcab Bukittinggi), Anggota Srianto (Kwarcab Pasaman Barat), Nazri Chan (Kwarcab Pasaman) dan Alerman (Kwarcab Pesisir Selatan).   

Semoga kepengurusan Kwarda 03 Gerakan Pramuka Sumatera Barat yang akan disusun oleh Tim Formatur paling lama 2 bulan, merupakan tim kuat yang akan mengangkat dan memajukan Gerakan Pramuka khususnya di Sumatera Barat. (KK.03.06.0002).

Komentar