Gubernur Sumbar Buka Musda 2022 Dengan Bismillahirrahmanirrahim Diiringi Pemukulan Gong


 Padang, PusinfoPersKwarcabAgamKwartir Daerah (Kwarda) 03 Gerakan Pramuka Sumatera Barat menggelar Musyawarah Daerah (Musda) Tahun 2022 dari tanggal 26 s.d 28 Maret 2022 bertempat di Hotel Imelda Jalan Intan No. 12 Ulu Gadut Kecamatan Pauh Kota Padang.

Musda dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumatera Barat  H. Mahyeldi Ansharullah, SP Datuak Marajo selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Kamabida) Gerakan Pramuka Sumbar, pada Sabtu (26/3) dengan membacakan “Bismilahirrahmanirrahim” dan diiringi dengan pemukulan gong.

Dalam sambutannya, Gubernur Mahyeldi menyampaikan selamat atas terselenggaranya Musda 2022, dan apresiasi eksistensi Gerakan Pramuka Sumbar selama ini yang telah banyak berkontribusi dalam menjaga dan merawat keberagaman bangsa. Nilai-nilai yang ada di Gerakan Pramuka, serta kepeduliannya yang sangat tinggi sangat berperan besar dalam merawat keberagaman.

"Gerakan Pramuka sebagai organisasi kepanduan harus mampu berperan secara dinamis seiring perkembangan zaman sehingga eksistensi gerakan pramuka tetap mendapat apresiasi tinggi di tengah masyarakat. Gerakan pramuka juga berperan penting memberikan solusi sebab masih menjadi bahagian terdepan dalam memberikan komitmen yang kuat dalam kemaslahatan masyarakat," ujar gubernur.

Gerakan Pramuka tegas Gubernur, sangat strategis dalam pembinaan generasi muda, khususnya dalam menyongsong Indonesia Emas tahun 2045. Gubernur juga menyampaikan rencana perlunya kawasan bumi perkemahan yang representatif dan bertaraf internasional.



Sekjen Kwarnas Mayjen Purn Bachtiar Utomo, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Gubernur dan Wakil Gubernur selaku Ketua Mabida dan Wakil Ketua Mabida Sumatra Barat yang terus memberikan dukungan baik moril maupun materiil bagi pelaksanaan kegiatan kepramukaan di Provinsi Sumbar.

Menurut Bachtiar, pada tahun 2022 ini, terdapat sejumlah kegiatan nasional penting Pramuka antara lain Jambore Nasional XI di Cibubur, pada 14 sampai 21 Agustus 2022. Kemudian ada juga kegiatan Perkemahan Bakti Satuan Karya Bhayangkara (Pertikara) Tingkat Nasional di Sumatra Selatan, Perkemahan Antar Satuan Karya (Peran Saka) Tingkat Nasional di Bangka Belitung, dan Perkemahan Bela Negara di Bengkulu.

"Saya berharap baik Mabida maupun pengurus Kwarda Sumatera Barat dapat terus memberikan perhatian kepada para Pembina Pramuka di gugus depan di seluruh provinsi ini. Dan, saya berharap Kwartir Daerah Sumatera Barat dapat berperan aktif dalam kegiatan tahun 2022 serta mengirimkan kontingen terbaiknya ke tingkat nasional”, sebut Bachtiar.

Ketua Harian Kwarda Sumbar Yulius menyatakan terkait pelaksanaan Muda itu Kwarda 03 Sumbar telah mengedarkan surat Nomor : 65-03-A tertanggal 14 Maret 2022 lalu tentang mengunduran Musda Gerakan Pramuka Sumatera Barat.

“Sebelumnya Musda ini digelar pada tanggal 25 sampai 27 Maret 2022 namun diundur menjadi 26 – 28 Maret 2022 mendatang dan pesertanya utusan Kwarda dan utusan masing – masing Kwarcab Kota/Kabupaten se Sumbar serta Pimpinan Satuan Karya Daerah sebagai peninjau,“kata Yulius.

Edwarsyah Ramli selaku Ketua Panitia melaporkan bahwa Musda 2022 yang berlangsung selama tiga hari mengusung tema 'Wujudkan Kepedulian dan Perkuat Bela Negara Dalam Gerakan Pramuka”, diikuti perwakilan 19 Kwartir Cabang se-Sumbar.

Khusus peserta Musda utusan Kwarcab Agam dipercayakan kepada Wakil Ketua Kwarcab Khairul Koto dan Suwardi, Bendahara Ira Maya Sopa, Kapusdiklatcab Irzal dan Ketua DKC Ilham Zhahri.


Agenda Musda 2022 sebut Khairul Koto, setelah acara pembukaan malam ini, esok paginya diisi dengan ceramah dari Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi dan Kepala Kantor Wialayah Kemenag Provinsi Sumatera Barat.

Kemudian dilanjutkan dengan Sidang Pendahuluan dan Sidang Paripurna I. Diakhir Sidanga Paripurna I, peserta Musda menerima Pertanggungjawaban Pengurus Kwarda Masa Bakti 2017-2022 yang telah disampaikan sebelumnya.

Sidang Paripurna II diisi dengan penyampaian Hasil Musppanitera Daerah Tahun 2022 yang telah dibahas dalam Musppanitera tanggal 23 s.d 25 Maret di Hotel Rangkayo Basa Padang, termasuk dengan penyampaian Rancangan Rencana Kerja Kwarda Masa Bakti 2022-2027. Kemudian dilanjutkan dengan Sidang Komisi A, Komisi dan Komisi C.

Musda diakhir dengan Sidang Paripurna III tentang pengesahan Rencana Kerja Kwarda Masa Bakti 2022-2027, Pemilihan Ketua Kwarda Masa Bakti 2022-2027, Pemilihan Anggota Tim Formatur dan Pemilihan Lembaga Pemeriksa Keuangan Mas Bakti 2022-2027. (KK.03.06.0002)


Komentar