Selamat Hari Tunas Gerakan Pramuka

 


Hari ini merupakan Hari Tunas Gerakan Pramuka, yang diperingati setiap tanggal 9 Maret, merupakan hari bersejarah untuk organisasi kepanduan Indonesia, yang lahir pada tanggal 9 Maret 1961, dan tepat pada hari ini 9 Maret 2022 menginjak usia ke 61 tahun.

 

Hari Tunas Gerakan Pramuka merupakan peristiwa dimana dikumpulkannya para pimpinan organisasi-organisasi kepanduan di Istana Negara pada Kamis, 9 Maret 1961.

 

Berawal dari adanya masa perintisan sebelumnya yang merujuk pada Ketetapan MPRS Nomor II/MPRS/1960 tanggal 3 Desember 1960 tentang Rencana Pembangunan Nasional Semesta Berencana. Dalam ketetapan tersebut Pasal 330. C menyatakan bahwa dasar pendidikan di bidang kepanduan adalah Pancasila.

 

Seterusnya penertiban tentang Kepanduan (Pasal 741) dan Pendidikan Kepanduan supaya diintensifkan dan menyetujui rencana Pemerintah untuk mendirikan Pramuka (Pasal 349 Ayat 30). Kemudian kepanduan supaya dibebaskan dari sisa-sisa Lord Baden Powell (Lampiran C Ayat 8).

 

Hari Kamis malam itulah Presiden RI Ir. Soekarno menegaskan bahwa kepanduan yang ada harus diperbaharui, metode dan aktivitas pendidikan harus diganti, seluruh organisasi  kepanduan yang ada dilebur menjadi satu yang disebut Pramuka.

 

“Saya sebagai presiden, sebagai panglima tertinggi, mandataris, pepeti, sebagai orang yang diberi titel itu oleh MPRS, memerintahkan sekarang kepada Kepanduan Indonesia untuk meleburkan diri di dalam satu organisasi bernama PRAMUKA,” ujar Presiden Soekarno kala itu. (KK)


Komentar