Dispora Sumbar Siapkan Kader Pemimpin Bangsa Melalui Pelatihan Kepemimpinan Pramuka Tingkat Provinsi

Dispora Sumbar Siapkan Kader Pemimpin Bangsa Melalui Pelatihan Pramuka Tingkat Provinsi


Lubukbasung, (Perskwarcabagam) - Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Barat kembali bersinergi dengan Kwartir Daerah 03 Sumatera Barat, dan turut mensukseskan program pelatihan kepemimpinan bagi pramuka penegak dan pandega tingkat provinsi angkatan keempat digelar Dinas Pemuda dan Olahraga Sumatera Barat.

Pelatihan kepemimpinan pramuka tingkat provinsi angkatan keempat berlangsung tanggal 26 sampai 29 Juli di Hotel Sakura Syari'ah Lubukbasung dengan peserta pramuka penegak dan pandega sebagai calon pemimpin bangsa yang mengabdi tanpa batas untuk membangun ketahanan bangsa.

Pengurus Kwarda 03 Gerakan Pramuka Sumbar Alwis, S.Ag menyambut baik dengan adanya kegiatan pelatihan kepemimpinan bagi pramuka penegak dan pandega. Hal ini sesuai dengan janji trisatya pramuka yaitu ikut serta membangun masyarakat.

Melalui pelatihan bagi pemuda Dispora dan Kwarda serta disuppor dengan dana pokok pikiran anggota dewan sebanyak empat angkatan dengan total yang dilatih sebanyak 120 orang, merupakan langkah maju bagi pemerintah menciptakan kader pemimpin masa depan bangsa.

Dilihat dari tema pelatihan "Kita ciptakan calon pemimpin bangsa yang mengabdi tanpa batas untuk membangun ketahanan bangsa, dalam rangka mewujudkan menghadapi Indonesia emas di tahun 2045, ungkap Alwis.

Kelancaran pelatihan kepemimpinan bagi pramuka penegak dan pandega selain nara sumber dari Dispora Sumbar, UIN Padang, dan Disparpora Agam, juga dipadatkan dengan materi kepramukaan dari kwarda 03 Sumbar.

Tim Kwarda 03 Sumbar turut memberikan materi angkatan keempat berkekuatan 30 orang adalah kak Alwis, dengan membahas Aturan Kepramukaan, kak Candrianto dengan tema Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan, kak Amrullah tentang Pola Pembinaan penegak dan pandega, kak Tarmizi dengan materi outbond dan permainan, serta kak Syaiful Hasan selaku moderator.

Kabid Pengembangan Pemuda Dispora Sumbar Gusty Anola saat dihubungi secara terpisah menyebutkan melalui pelatihan kepemimpinan bagi anggota pramuka diharapkan generasi muda diminta lebih kreatif dalam menciptakan inovasi-inovasi baru.

Pelatihan kepemimpinan bagi pramuka penegak dan pandega tingkat provinsi mendapat suppor dari dana pokir anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Ismunandi Syafyan, SE, bekerjasama dengan Dispora Sumbar, dan pelaksanaannya bekerjasama dengan Kwarda 03 Gerakan Pramuka Sumbar, yang dilaksanakan sebanyak 4 angkatan.

Dispora Sumbar melalui bidang Pengembangan Pemuda tetap menganggarkan program pembinaan generasi muda termasuk kepramukaan. Demikian ditambahkan Gusty Anola. (Yun.S)

Komentar