FesDaMa Tahun 2022: Disdikbud Agam Gelar Kemah Bakti dan Napak Tilas Buya Hamka Diikuti 500 Peserta



Disdikbud Agam Gelar Kemah Bakti dan Napak Tilas Buya Hamka Diikuti 500 Peserta


Maninjau, (Pusinfo-Perskwarcabagam) - Memeriahkan Festival Danau Maninjau (FesDaMa) tahun 2022, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan mengisi kegiatan dengan Kemah Bakti dan Napak Tilas5 Buya Hamka pada tanggal 1 sampai 25 Agustus mendatang.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan lKabupaten Agam, Drs. Isra M.Pd didampingi Kabid Kebudayaan Jufri, M.Pd saat dihubungi Senin (25/7) di ruang kerjanya di Lubukbasung.

Fesdama tahun 2022 dimeriahkan dengan berbagai kegiatan anak nagari dan juga Dinas Pendidikan dan Kebudayaan turut mengisi memeriahkan acara tersebut dengan Kemah bakti dan napak tilas buya Hamka.

Sesuai surat yang diedarkan ke sekolah dimana sebanyak 16 sekolah SMP se Agam akan ikut berpartisipasi memeriahkan Festival Danau Maninjau tahun 2022 yang dipusatkan di bumi perkemahan Sungai Batang kematan Tanjung Raya.

Rangkaian acara yang dilaksanakan adalah selama kemah bakti dan napak tilas jejak buya Hamka akan diikuti 500 orang peserta berasal dari 16 sekolah SMP Piloting Implementasi Motto Pendidikan Agam Cakap di kabupaten Agam.

Tujuan dilaksanakan kemah bakti dan napak tilas buya Hamka berikut.
a. Mengenalkan kembali sosok Buya Hamka kepada generasi muda khususnya siswa/i SMP Piloting Implementasi Motto Pendidikan Agam Cakap di Kabupaten Agam;

b. Agar generasi muda dapat meneladani Tokoh Buya Hamka;

c. Menumbuhkembangkan karakter bangsa yang besar dengan spirit kepahlawanan disetiap diri siswa/i di Kabupaten Agam;

d. Meningkatkan kreativitas, inovasi dan kreasi para siswa/i se-Kabupaten Agam;

e. Tertanamnya nilai-nilai kepahlawanan dalam bentuk semangat pantang menyerah, menjunjung tinggi nilai solidaritas serta sportivitas;

f. Memberikan pemahaman terkait perjalanan hidup sosok Buya Hamka.

Adapun tema kegiatan adalah 
“Dengan Adanya Kemah Bakti Napak Tilas Buya Hamka, dapat Mengenang Kembali Sosok Buya Hamka”

Kabid Kebudayaan Disdikbud Agam Jufri, M.Pd menyebutkan kegiatan kemah bakti tanggal 1 Agustus peserta hadir dan langsung lomba khutbah jum'at 1 orang persekolah dan lomba da'i cilik tahfidz juz 30 dengan peaerta 1 orang.

Hari kedua tanggal 2 Agustus peserta mengikuti lomba gerak jalan napak tilas buya Hamka dengan rute kisah perjalanan Buya Hamka, start dari lapangan Sungai Batang dengan melewati 3 pos di seputaran museum buya Hamka dan finish di museum.

Selain napak tilas, peserta yang lain juga mengunjungi museum buya Hamka ikut membaca dan meringkas hasil bacaan yang dituliskan dalam bentuk tulisan yang nantinya bisa dibaca oleh orang lain.

Fesdama 2022 juga diisi dengan penampilan tambua tansa masing-masing kontingen dan malamnya pemutaran film dokumenter. 

Kegitan FestDaMa 2022 ini kemeriahannya dibantu anggota KPGH Tanjung Raya, unsur kwarcab Agam, LKAAM Agam, Mahasiswa Unand yang sedang praktek lapangan dan tokoh masyarakat lainnya, ungkap Jufri.
Sementara itu pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Agam melaksanakan lomba pasambahan adat tingkat umum se kabupaten Agam pada tanggal 28 Juli 2022 bertempat di objek wisata Linggai Park diikuti oleh 160 peserta dengan judul pasambahan adat "maanta marapulai" 

Kegiatan ini dalam rangka melaksanakan program unggulan bupati Agam dalam bidang adat budaya  sesuai dengan visi misi, melestarikan kehidupan masyarakat yang berlandaskan adat basandi syarak syarak basandi kitabulah, tambah Jufri.

Semua mata lomba pihak panitia telah menyiapkan berbagai hadiah menarik bagi peserta dan piagam penghargaan. (Yun.S)

Komentar