Kadispora Sumbar Dedy Diantolani, S.Sos.,MM Buka Pelatihan Bagi Pramuka Penegak Tingkat Provinsi Angkatan Keempat di Lubukbasung

Kadispora Sumbar Dedy Diantolani, S.Sos.,MM Buka Pelatihan Bagi Pramuka Penegak Tingkat Provinsi Angkatan Keempat di Lubukbasung


Lubukbasung, (Perskwarcabagam) -  Pendidikan kepramukaan adalah pendidikan di kuar lingkungan sekolah dan diluar lingkungan keluarga yang dilaksanalan dalam bentuk kegiatan menarik, terarah yang dilakukan di alam terbuka dengan prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan.

Tujuan kegiatan kepramukaan untuk membina kaum muda dalam mencapai sepenuhnya potensi-potensi spiritual, sosial, intelektual dan fisiknya, agar mereka bisa membentuk, kepribadian dan akhlak mulia kaum muda.

Demikian pengantar kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Barat Dedy Diantolani, S.Sos., MM, saat berada dihadapan anggota pramuka penegak dan pandega tingkat Sumatera Barat, terkait kebijakan pemerintah provinsi tentang Kepramukaan di Sumatera Barat, Selasa (26/7) di hotel Sakura Syari'ah Lubukbasung.

Salah satu tugas pokok dan fungsi Dispora adalah berkaitan dengan kepemudaan terutama bidang kepramukaan, kata Dedy Diantolani.

Dulu mainset pemuda itu kurang berpengalaman. Tetapi dilihat saat ini pemimpin di Sumateta Barat sekitar 80 persen adalah pemuda.

Kadispora Dedy Diantolani berharap adik-adik pramuka saat ini akan jadi pemimpin di usia Indonesia emas 2045 nantinya. 

Karena itu tanamkan semangat kebangsaan, cinta tanah air dan bela negara bagi kaum muda.

Setiap tahun Dispora Sumbar tetap menganggarkan untuk kegiatan kepramukaan di Sumatera Barat, baik dalam bidang, olahraga dan kepemudaan yang didalamnya termasuk kepramukaan, ungkap Dedy.

Pelatihan kepemimpinan bagi pramuka penegak dan pandega tingkat provinsi mendapat suppor dari dana pokir anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Ismunandi Syofyan, SE, bekerjasama dengan Dispora Sumbar, yang dilaksanakan sebanyak 4 angkatan. 

Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Ismunandi Syofyan, SE menyambut gembira kehadiran generasi muda mengikuti pelatihan kepemimpinan bagi pramuka penegak dan pandega.

Disebutkan Ismunandi Syofyan bahwa sangat banyak para pemuda berharap bisa mengikuti pelatihan. Kesempatan bagi peserta yang telah hadir jangan disia-siakan dan itu adalah amanah dan tertumpang kepada kalian anggota pramuka sebagai generasi muda bisa menjadi pemimpin.

Ismunandi tegaskan "Saya sangat paling anti dengan narkoba dan bila ada yang terkena narkoba sulit sekali dibantu", walaupun itu anak kandung sendiri. Untuk itu saya ingatkan jangan mencoba-coba untuk narkoba. Lebih bagus cari peluang yang positif dan bermanfaat, tegas Ismunadi Syofyan yang baru kali ini mengangkat kegiatan pelatihan kepemudaan dalam kolidor kepramukaan. 

Kepada Dispora agar tetap terus membina para generasi muda menjadi pemimpin masa yang akan datang, menciptakan calon pemimpin bangsa yang mengabdi tanpa batas untuk membangun ketahanan bangsa, ungkap Ismunandi Syofyan.

Pelaksanaan pelatihan kepemimpinan pramuka sengaja dilaksanakan di hotel mengingat agar para pemuda ini punya kepedean dalam memimpin. Mèngetahui amanah yang akan diberikan dan diterima dengan penuh kepercayaan, dijelaskan Ismunandi Syofyan.

Selesai pembukaan Kadispora Sumbar Dedy Diantolani berkenan menyematkan tanda peserta dan pengalungan scraff sebagai keikutsertaan 30 orang pramuka penegak dan pandega dalam latihan kepemimpinan tingkat provinsi, bersama anggota DPRD Sumbar Ismunandi Syofyan.

Berikutnya penyampaian materi oleh Ismunandi Syofyan tentang peran legislatif dalam pengembangan kepramukaan dan kebijakan Dispora dalam pengembangan kepramukaan disampaikan Kadispora Sumbar. (YunS)

Komentar