Kwarda 03 Sumbar Apresiasi Pelaksanaan Pelatihan Kepemimpinan Pramuka Tingkat Provinsi Digelar Dispora Sumbar

Dispora Sumbar Kerjasama Dengan Kwarda 03 Sumbar Laksanakan Pelatihan Kepemimpinan Pramuka Tingkat Provinsi 


Lubukbasung, (perskwarcabagam) - Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Barat kembali bersinergi dengan Kwartir Daerah 03 Sumatera Barat, dan turut mensukseskan program pelatihan kepemimpinan bagi pramuka penegak dan pandega tingkat provinsi angkatan ketiga digelar Dinas Pemuda dan Olahraga Sumatera Barat.

Pelatihan kepemimpinan pramuka tingkat provinsi baru pertama kali dilaksanakan dengan peserta pramuka penegak dan pandega sebagai calon pemimpin bangsa yang mengabdi tanpa batas untuk membangun ketahanan bangsa. Hal ini sesuai dengan Trisatya yaitu "Ikut serta membangun masyarakat".
Ketua Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tuah Sakato Kwarda 03 Sumbar, Candrianto menyambut baik dengan adanya kegiatan pelatihan kepemimpinan bagi pramuka penegak dan pandega. Hal ini sesuai dengan janji trisatya pramuka yaitu ikut serta membangun masyarakat.

Melalui pelatihan bagi pemuda Dispora dan Kwarda serta disuppor dengan dana pokok pikiran anggota dewan merupakan langkah maju bagi pemerintah menciptakan kader pemimpin masa depan bangsa.

Apalagi tema pelatihan kita adalah "Kita ciptakan calon pemimpin bangsa yang mengabdi tanpa batas untuk membangun ketahanan bangsa, dalam rangka mewujudkan menghadapi Indonesia emas di tahun 2045, ungkap Candrianto.

Kabid Pengembangan Pemuda Dispora Sumbar Gusty Anola saat membuka pelatihan angkatan ketiga  Kamis (21/7) di hotel Sakura Syari'ah Lubukbasung, mengatakan melalui pelatihan kepemimpinan bagi anggota pramuka diharapkan generasi muda diminta lebih kreatif dalam menciptakan inovasi-inovasi baru. 

Pelatihan kepemimpinan bagi pramuka penegak dan pandega tingkat provinsi mendapat suppor dari dana pokir anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Ismunandi Syafyan, SE, bekerjasama dengan Dispora Sumbar, dan Kwarda Sumbar, yang dilaksanakan sebanyak 4 angkatan. 

Narasumber selama pelatihan berlangsung tanggal 20 sampai 23 Juli dari unsur Dispora Sumbar, UIN Padang, Disparpora Agam, korps Pelatih dan Andalan Kwarda Sumbar.
Kapusdiklatda Sumbar Candrianto menyebutkan sesuai surat tugas tim Kwarda Sumbar yang turun lapangan sebagai tim narasumber pemateri pelatihan angkatan ke 3 adalah kak Frista dengan materi Aturan Kepramukaan, kak Candrianto dengan materi Pendidikan Dasar Kepramukaan dan Metodik Kepramukaan, kak Elnanita dengan materi Pola Pembinaan Penegak dan Pandega serta Outbond dipandu kak Yunaidi.S, serta moderator kak Misrawati. (Yun.S)

Komentar