Latihan Kepemimpinan Bagi Pramuka Penegak Pandega Ciptakan Calon Pemimpin Bangsa, Bangun Ketahanan Bangsa

Latihan Kepemimpinan Bagi Pramuka Penegak Pandega Tingkat Provinsi 



Lubukbasung, (PusinfoPerskwarcabagam) - Pelatihan Kepemimpinan bagi Pramuka Penegak dan Pandega tingkat provinsi mendapat tanggapan yang serius dan perlu dilanjutkan untuk masa yang akan datang.

Melalui pelatihan kepemimpinan para peserta tampak bergembira dan senang. Latihan kepemimpinan bagi generasi muda sebagai persiapan mengisi Indonesia emas tahun 2045.

Demikian diungkapkan oleh Kak Firsta selaku narasumber bidang kepramukaan saat diwawancarai oleh tim monitoring Deri Fitri S.T selaku kasubag keuangan Dispora Provinsi Sumatera Barat.

Disebutkan Firsta bahwa kita tim pelatih kwarda Sumbar dengan adanya kegiatan pelatihan kepemimpinan bagi pramuka penegak dan pandega menyampaikan terimakasih kepada Dispora Sumbar melalui Disparpora Agam dan Kwarcab Agam termasuk lwarcab Bukittinggi telah mengadakan latihan kepemimpinan ini.

Saat diinterviu oleh tim monitoring Dispora Sumbar terkait harapan kedepan bila selesai acara pelatihan seluruh peserta dapat mengamalkan dan mempraktekkan segala ilmu pengetahuan dan keterampilan yang diberikan narasumber.
Melalui pelatihan kepemimpinan kita dapat menciptakan calon pemimpin bangsa yang mengabdi tanpa batas untuk membangun ketahanan bangsa. 

Pelatihan ini sangat diperlukan bagi generasi muda terutama anggota pramuka dalam persiapan mewujudkan menghadapi Indonesia emas di tahun 2045, tambah kak Firsta dan kak Mis serta kak Yun dan kak Candrianto yang turun tim materi kepramukaan.

Dilakukannya monitoring dan peninjauan ke lokasi pelatihan sebagai evaluasi sampai dimana pelaksanaan pelatihan dan mencek berapa manfaat kegiatan yang dilakukan, kata Deri Fitri S.T dari kasubag keuangan Dispora Sumbar yang hadir bersama tim.

Disebutkan Deri Fitri, mengatakan pelatihan diikuti 120 orang pramuka di Kwarcab Agam dilaksanakan tiga angkatan, dan satu angkatan pesertanya dari kwarcab Bukittinggi, masing-masing berkekuatan 30 orang dengan mitra kerja dana pokir anggota DPRD Sumbar.
Tim yang turun monitoring angkatan kedua adalah Deri Fitri S.T kasubag keuangan, Disa Melina, SE dan Emi Safrialis, S.Sos Staf keuangan didampingi Yosi Kamelia, Analis kebijakan selaku ketua pelaksana dan kabid kepemudaan Disparpora Agam Alias.

Kabid Pengembangan Pemuda Gusty Anola secara terpisah menyebutkan bahwa benar kegiatan ini dibantu dana Pokir anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Ismunandi Syofyan, SE dilaksanakan untuk kepramukaan sebanyak 120 orang yang dibagi 4 angkatan. Masing-masing angkatan berlangsung 4 hari berkekuatan 30 orang.

Dari hasil monitoring itu akan kita pelajari, analisa untuk merumuskan kebijakan kelanjutan program bentuk kegiatan berikutnya, tambah Gusty Anola.

Selama pelatihan peserta dibekali berbagai materi dengan narasumber dari Dispora Sumbar, Disparpora Kabupaten Agam, dari UIN Padang dan dari Kwarda 03 Gerakan Pramuka Sumbar. Demikian ditambahkan Gusty Anola. ( Yun.S)

Komentar