Pramuka MAN 4 Agam Latihan Perdana Semester 1

Gerakan Pramuka Gudep 09.111-09.112, Ambalan Buya Hamka dan Rasuna Said, Pangkalan MAN 4 Agam, kembali mengadakan latihan Pramuka pada Semester 1 TP. 2022/2023, Jum'at (5/8). Kegiatan merupakan pertama kalinya diikuti oleh siswa kelas X sebagai peserta. Terdapat 80 orang peserta yang sangat antusias mengikuti kegiatan. Selain peserta, kegiatan Pramuka juga diikuti oleh Caba, Bantara dan Purna Bantara yang menyempatkan diri untuk bersilaturrahmi ke madrasah. 

Latihan kali ini diawali dengan Upacara Pembukaan latihan pukul 14.00 WIB di lapangan MAN 4 Agam.

 "Terima kasih kepada adik-adik yang telah hadir dan bergabung di Pramuka MAN 4 Agam. Kegiatan Pramuka ini adalah ekstrakulikuler wajib bagi kelas X yang nantinya akan tertera nilai Pramuka di rapornya", ujar Darmansyah saat menyampaikan amanat. 

Usai upacara pembukaan, peserta dibagi menjadi 4 kelompok dan diarahkan ke masing-masing ruangan untuk menimba ilmu Pramuka dari kakak Bantara. Pada masing-masing ruangan terdapat 3 orang Bantara yang bertugas untuk membimbing peserta tersebut. Selain Bantara, sesekali purna juga memasuki ruangan untuk memperkenalkan diri dan memberi motivasi kepada peserta.

Sebagai awal pertemuan, peserta diberi materi dasar berupa Trisatya dan Dasa Dharma. Mereka dididik untuk mengamalkan dan menghafalkannya. Selain pemberian materi, Bantara juga memberikan lagu-lagu untuk menghibur peserta latihan. Mereka yang terlihat antusias, bersemangat serta gembira mengikutinya.

"Dengan adanya ansiasme dalam mengikuti latihan Pramuka, semoga dapat melahirkan generasi-generasi yang dapat membawa Pramuka MAN 4 Agam menjadi lebih baik lagi kedepannya", ulas Darmansyah. (Fuji Lestari).

Komentar