Pramuka MTsN 11 Agam Latihan Bersama Bantara MAN 4 Agam di Semester 1

MTsN 11 Agam kembali mengadakan latihan Pramuka pada Semester 1 TP. 2022/2023, Sabtu (3/9). Kegiatan merupakan pertama kalinya diikuti oleh siswa kelas VII sebagai peserta. Selain peserta, anggota OSIM kelas IX  juga diikutkan dalam kegiatan latihan.

Terdapat 115 orang peserta dan 28 orang Penggalang yang bersemangat mengikuti kegiatan. Kegiatan Pramuka MTsN 11 Agam juga dihadiri oleh Bantara dari MAN 4 Agam yang siap untuk membimbing dan memberikan ilmu-ilmunya. Adapun Bantara yang ikut serta dalam latihan adalah Ivan, Rahmadi, Dzikra, Zahrah, Siti, Fauzia, Dhya, Olivia, Ghania, Salsa, Tari, Anisya dan Reflita.

Latihan kali ini diawali dengan Upacara Pembukaan Pelatihan Pramuka pukul 15.00 WIB di lapangan MTsN 11 Agam. "Terima kasih kepada adik-adik yang telah hadir dan selamat bergabung di Pramuka MTsN 11 Agam pada semester 1 ini. Saat ini   Pramuka adalah ekstrakulikuler wajib bagi kelas VII dan anggota OSIM yang nantinya akan tertera nilai Pramuka pada rapor", ujar M.Irsyad selaku pembina dalam amanatnya.

Usai upacara pembukaan, peserta dibagi menjadi 3 kelompok dan diarahkan ke masing-masing ruangan untuk menimba ilmu Pramuka dari kakak Bantara. Dalam masing-masing ruangan terdapat 3 orang kakak Bantara yang bertugas untuk membimbing  peserta. Selain peserta, kakak Bantara juga membimbing anggota Penggalang.

Sebagai awal pertemuan, peserta diberi materi dasar berupa Trisatya dan Dasa Dharma. Mereka diajar untuk mengamalkan dan menghafalkannya, sedangkan untuk Penggalang adalah tali temali. Selain pemberian materi, kakak Bantara juga memberikan lagu-lagu untuk menghibur peserta. Mereka terlihat bersemangat dan senang hati juga mengikutinya.

"Dengan adanya jiwa semangat dari  peserta dalam mengikuti latihan pramuka, semoga dapat melahirkan generasi-generasi yang dapat membawa Pramuka MTsN 11 Agam menjadi lebih baik lagi kedepannya", ulas M.Irsyad. (Fuji Lestari).


Komentar