Malam Tuah Sakato Megah Meriah Penyambutan Peserta GPD Sumbar 2022


 

Solok (Pusinfo Pers Kwarcab Agam) Giat Prestasi Daerah (GPD) Tingkat Sumatera Barat Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Kwartir Daerah (Kwarda) 03 Gerakan Pramuka Sumatera Barat berlangsung selama 5 hari mulai 18 s.d 22 Oktober 2022 di Bumi Perkemahan Taman Pramuka Pulau Belibis, dengan tuan rumah penyelenggara adalah Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Solok.


GPD dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke-61, diikuti oleh masing-masing Kwarcab beranggotakan Pramuka Penegak 8 putra dan 8 putri, Pramuka Berkebutuhan Khusus (PBK) 3 putra dan 3 putri, Bindamping Penegak 1 putra dan 1 putri, Bindamping 1 putra dan 1 putri, Pimkoncab 1 putra dan 1 putri, Pimpinan Rombongan 1 orang, namun tidak semua kwarcab yang mengirimkan peserta PBK.


Dalam GPD 2022 ini, Kontingen Kwarcab Agam mengirimkan peserta GPD secara lengkap. Duta Agam diwakili anggota Pramuka Penegak dari gudep Pangkalan SMAN 2 Lubuk Basung dan Pramuka Penegak gudep Pangkalan SLB Baso.

Kwarcab Solok selaku tuan rumah, mengemas acara Malam Tuah Sakato pada Selasa (18/10) di GOR Tanjung Paku Kota Solok secara meriah, menampilkan beragam atraksi seni budaya dan musik, disaksikan oleh Sekjen Kwarnas, Bachtiar Utomo, Ketua Komisi Kesakaan Sako dan Gugus Dharma, Yuniar Luthfi, Timbalan Ketua Pesuruh Jaya Pengakap (Pramuka) Negeri Sabah Malaysia, Datuk Dr. Awang Zaini, Walikota Solok, Zul Elfian Umar selaku Kamabicab, Wawako Solok, Ketua Kwarcab se-Sumbar dan ratusan Pramuka Penegak se-Sumatera Barat, termasuk para undangan dan masyarakat.


Acara diawali dengan pemutaran video menampilkan pesan pesawat kertas yang dikirimkan Ketua Kwarda Sumbar, Audy Joinaldy kepada Ketua Kwarcab Solok, Ramadhani Kirana Putra, dilanjutkan penampilan tarian pramuka, tari sorak sorai, prosesi Adat Ambalan Tuah Sakato, tari payung, paduan suara difabel, peluncuran aplikasi SATYA (Sistem Aplikasi Terpadu Layanan Pramuka) Kwarcab Solok, dan ditutup dengan penampilan musik dari Band D Plust.


Termasuk langka dalam acara ini pemasangan scraft secara serentak dan bersama-sama oleh Ketua Kwarcab Solok dan oleh para Anggota Pramuka Penegak Kwarcab Solok kepada pejabat dan petinggi pramuka yang hadir, termasuk pemasangan scraft kepada Ketua Kwarcab Agam yang diwakili oleh Wakil Ketua Kwarcab Khairul Koto.


Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy Selaku Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumbar, mengungkapkan kebanggaannya atas penyelenggaraan Malam Tuah Sakato yang begitu semarak dan memberikan apresiasi untuk keluarga besar Kwarcab Kota Solok yang telah mengemas acara pada Malam Tuah Sakato dengan suguhan yang spektakuler dan pelayanan luar biasa yang dipersembahkan untuk Gerakan Pramuka Sumbar.

“Acara ini keren banget, luar biasa kemasan acara yang dihadirkan. Adik-adik Pramuka adalah harapan bangsa, harapan Sumatera Barat. Tugas utama adik-adik saat ini adalah belajar dengan baik, buat bangga orang tua, keluarga, dan sekolah. Insya Allah kelak adik-adik akan membanggakan Indonesia, seriuslah mengikuti kegiatan, saling belajar, dan jalin silaturahmi dengan seluruh peserta,” pesan Audy.

Bahkan Sekjen Kwarnas Gerakan Pramuka, Bachtiar Utomo juga memberikan apresiasi pada malam pembukaan tersebut. Acara dan kegiatan ini menurutnya membuktikan bahwa pandemi yang telah berlalu tidak mengurangi semangat pelaksanaan kegiatan Pramuka sebagai bagian kegiatan pendidikan informal.

Kerjasama, kekompakan dan kesiapan Pemkot Solok dan Kwarcab Solok dalam acara Malam Tuah Sakato ini sungguh luar biasa dan mendapatkan apresiasi yang tinggi dari peserta GPD Sumbar 2022. (#KK-03.06.0002)




Komentar