Formulir Kontak

Jumat, 11 November 2022

 


Kemah Bela Negara Tingkat Nasional (KBN) Tahun 2022 merupakan wadah pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega se-Indonesia dalam rangka menghadapi dan menanggulangi AGHT (Ancaman, Gangguan, Hambatan, dan Tantangan).

Selain itu sebagai penggenaPan nilai-nilai Dasar Bela Negara dan Definisi Aksi Nasional Bela Negara bagi Pramuka Penegak dan Pandega, baik dilakukan secara individu maupun kelompok.

Kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan tekad, sikap, tindakan warga negara Indonesia yang teratur, menyeluruh, terpadu dengan dilandasi rasa cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, serta yakin terhadap kesaktian Pancasila.

Anggota Gerakan Pramuka khususnya Penegak dan Pandega dapat memiliki jiwa rela berkorban guna menghadapi dan menanggulangi AGHT yang membahayakan bagi kemerdekaan, kedaulatan, persatuan, keutuhan negara dan nilai Pancasila.

KBN Nasional Tahun 2022 akan dilaksanakan pada tangga 16 sampai dengan 22 Desember 2022 di Bumi Rafflesia, Provinsi Bengkulu sebagaimana Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 112 tahun 2022 serta Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) Gerakan Pramuka Nomor 103 Tahun 2022 tentang Kemah Bela Negara Tingkat Nasional Tahun 2022,

Sesuai Surat Edaran Kwarnas nomor 1273-00-N tertanggal 27 Oktober 2022 perihal Edaran I Kemah Bela Negara Tingkat Nasional tahun 2022 disebutkan bahwa Kwartir Daerah (Kwarda) diharapkan mengirimkan surat kesediaan untuk mengikuti kegiatan melalui email kbnnasional22@gmail.com paling lambat tanggal 8 November 2022.

Khusus untuk Kontingen Kwarda 03 Gerakan Pramuka Sumatera Barat melalui surat Nomor : 418-03-A tanggal 4 November 2022 perihal Edaran I Kemah Bela Negara Tingkat Nasional Tahun 2022, memberikan kesempatan kepada Kwartir Cabang (Kwarcab) untuk dapat mengutus 1 orang putra dan 1 orang putri Pramuka Penegak atau Pandega sebagai peserta Kontingen Kwarda Sumbar.

Sararan utama dari pelaksanaan KBN ini adalah meningkatnya Spiritual Anggota Gerakan Pramuka, meningkatnya Wawasan Cinta Tanah Air dan Bela Negara di eraglobalisasi dan digitalisasi, meningkatnya daya sainganggota Gerakan Pramuka melalui ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki, serta menjadi generasi muda yang produktif, sehat jasmani, dan rohani pasca pandemi Covid-19.


KBN 22022 mengusung tema “Tindakan Nyata Membangun NKRI dengan Semangat Patriotisme dan Nasionalisme” dengan tetap memegang teguh motto “Satyaku Kudarmakan Darmaku Kubaktikan” serta menggelorakan sloga BEKEN (Berkarakter Kreatif dan Nasionalis). (#KK-03.06.0002)


Comments 0