Formulir Kontak

Rabu, 16 November 2022

                  

Lubuk Basung (Pusinfo Pers Kwarcab Agam), Bawaslu Kabupaten Agam bersama Pimpinan Cabang Satuan Karya Pramuka (Pincab Saka) Adhyasta Pemilu dan Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Agam menggelar kegiatan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif dengan tema Saka Adhyasta Pemilu.

Sosialisasi dibuka secara resmi oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Agam Elvys,ST yang juga Ketua Majelis Pembimbing Satuan Karya Pramuka (Ka.Mabisaka) Adhyasta Pemilu Kabupaten Agam pada Rabu (1/11) di Hotel Sakura Syariah Lubuk Basung Kabupaten Agam.


Untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pengawasan Pemilu, sebut Elvys dalam sambutannya, Bawaslu Kabupaten Agam menggagas beberapa kegiatan, antara lain Gempar Forum Warga dan Saka Adhyasta Pemilu bersama dengan Kwarcab Gerakan Pramuka.

“Keberadaan Saka Adhyasta Pemilu dalam menyongsong Pemilihan Umum Legislatif, Presiden dan Wakil Presiden, merupakan tonggak penting keikutsertaan Gerakan Pramuka dalam menegakkan penyelenggaraan demokrasi Indonesia” tegas Elvys.


Saka Adhyasta Pemilu diharapkan menjadi pelopor dan inspirator bagi generasi milenial berpartisipasi dalam pengawasan pemilu. Melalui Saka Adyasta Pemilu diharapkan meningkatnya partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu dan terwujudnya Pemilu yang Bebas, Umum, Langsung dan Rahasia, serta Jujur dan Adil, ucap Elvys.

Ka.Mabisaka yang pernah menjadi Pengurus DKC Agam waktu mudanya, menyebutkan satuan organisasi Saka Adhyasta Pemilu ini diharapkan menjadi Sekolah Demokrasi bagi anggota Pramuka di bidang pengawasan pemilu, memberikan pendidikan khusus pengawasan pemilu, memperluas pengawasan pemilu ke pemilih pemula serta mewujudkan calon aparatur pengawas pemilu dan aktor pengawas pemilu.

Pincab Saka Adhyasta Pemilu Kabupaten Agam Yuli Zamra selaku Panitia Pelaksana melaporkan bahwa kegiatan sosialaisai ini diikuti oleh peserta dari unsur Kwarcab dan DKC 3 orang, Pincab Saka 2 orang, dan utusan 16 kwarran 3 orang terdiri dari Pengurus Kwarran/Pinran Saka serta Anggota/Calon Anggota Saka Adhyasta masing-masing 1 Putra dan 1 Putri per-kwarran.


Melalui kegiatan ini, sebut Yuli Zamra mengucapkan terima kasih kepada Kwarcab Agam atas partisipasi dan kerja samanya yang luar biasa, mulai sejak terbentuknya Saka Adhyasta Pemilu Pertama di Sumbar tahun 2019 sampai saat ini, dan berharap semoga Saka Adhuyasta Pemilu yang belum terbentuk di kwarran, dapat terbentuk pasca kegiatan kita ini.


Materi sajian dalam kegiatan sehari penuh ini adalah Pengawasan Partisipatif Dalam Pemilu oleh Marse Yulivestra (Akademisi Universitas Andalas Padang)), Pengembangan Pengawasan Partisipatif oleh Okta Mulia (Bawaslu Agam) dan serta Pembentukan dan Tata Kerja Kesakaan (Saka Adhyasta Pemilu) dengan narasumber Khairul Koto (Wakil Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Agam).

Dari sesi diskusi dan tanya jawab, muncul masukan dan saran agar ke depannya kegiatan Saka Adhyasta Pemilu lebih aktif, ditingkatkan dan dikembangkan pasca pandemi Covid-19, temasuk kegiatan praktek di lapangan dan kegiatan di alam terbuka dalam bentuk lomba dan non lomba di perkemahan. (#KK-03.0.0002).


Comments 0