Pahlawanku Teladanku Jasamu Akan Selalu Abadi

 


Lubuk Basung (Pusinfo Pers Kwarcab Agam), Alhamdulillah wa syukrulillah pada hari ini kita memperinhati Hari Pahlawan ke-77 tanggal 10 November 2022, dalam rangka menggugah semangat kepahlawanan sebagai ukuran nilai baik dan panutan hati, agar figur teladan pencapaian jati diri dalam hidup berbangsa dan bernegara pada masa kini dan masa mendatang.


Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Agam mengucapkan selamat memperingatinya sebagai wujud pengakuan, penghormatan dan penghargaan kepada para pelaku perjuangan sekaligus mengajak dan menggugah semangat Anggota Pramuka dalam menuntut ilmu serta bersama masyarakat membangun bangsa.

 

Gerakan Pramuka sebagaimana dinyatakan dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 bertujuan untuk membentuk setiap Pramuka agar menjadi pribadi yang beriman, bertakwa, memiliki akhlak yang mulia, mempunyai jiwa patriotik, taat terhadap hukum, dan disiplin. Selain itu juga pribadi yang menjunjung tinggi nilai keluhuran bangsa Indonesia, serta memiliki dan menguasai kecakapan hidup.

Setiap anggota pramuka diharapkan menjadi kader bangsa yang mampu menjaga dan membangun NKRI, mengamalkan Pancasila, dan melestarikan lingkungan hidup dengan tetap berpegang teguh pada Prinsip-prinsip Dasar Kepramukaan (PDK) dan Metode Kepramukaan (MK).

Tema Hari Pahlawan 2022 adalah “Pahlawanku Teladanku”, mengingatkan kita betapa para pahlawan yang bertempur pada masa Revolusi Nasional Indonesia melawan penjajah bersenjata lengkap, merupakan rintangan yang sulit sementara para pahlawan kita saat itu tidak memiliki perlengkapan perang yang sepadan.

Modal utama mereka hanya “tekad dan semangat”. Tekad untuk pantang menyerah dan tidak takut mati demi NKRI, serta semangat juang dan keberanian yang berapi-api melawan pasukan penjajah, termasuk para pahlawan dari Sumatera Barat.

Dalam konteks inilah, sudah sepatutnya setiap anggota pramuka, baik anggota muda maupun anggota dewasa, mengimplementasikan dan meneladani nilai-nilai luhur para pahlawan, terutama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Momen ini bukan hanya sebagai bentuk peringatan, tapi juga sebagai motivasi dan inspirasi dalam merperkuat persatuan dfan kesatuan, serta meningkatkan rasa kecintaan dan kebangggaan sebagai bangsa dan negara Indonesia.

Selamat Hari Pahlawan, Pahlawanku Teladanku - Pahlawanku Inspirasiku, terima kasih kepada seluruh pahlawan yang telah berkorban untuk bangsa ini, begitu besar perjuanganmu, jasamu akan selalu abadi. Aamiin Yaa Rabbal ‘Aalamiin. (#KK-03.06.0002).


Komentar