DKD dan DKC se-Indonesia Ikuti LPK Nasional 2022 di Pusdik Armed Kota Cimahi Jabar

 


Pusinfo Pers Kwarcab Agam, sesuai dengan Program Kerja Tahu 2022, Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka menyelenggarakan kegiatan Latihan Pengembangan Kepemimpinan (LPK) Tingkat Nasional mulai tanggal 3 s.d 8 Desember 2022 bertempat di Pusat Pendidikan Artileri Medan (Pusdik Armed) Kota Cimahi Jawa Barat.

LPK Nasional Tahun 2022 ini mengusung tema “Pramuka Pemimpin Masa Depan Indonesia”, diikuti oleh Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Utusan Dewan Kerja Daerah (DKD) dan Dewan Kerja Cabang (DKC) se-Indonesia.


Peserta LPK Nasional utusan Sumatera Barat berjumlah 3 orang, yaitu Eltry Pratami (DKD Sumbar), Andre Tri Yundra (DKC Kabupaten Agam) dan Nico Nofrialdo (DKC Kota Pariaman), tulis Asnorita Staf Sekretariat Kwarda 03 Gerakan Pramuka Sumatera Barat  saat dihubungi via WA.


Sekretaris Jenderal Gerakan Pramuka Mayjen (Purn). Dr. Bachtiar, S.IP., M.AP Sabtu (3/12) membuka sec ara resmi  LPK Tingkat Nasional Tahun 2022 di Aula Soedirman Pusdikarmed Kota Cimahi, Jawa Barat, yang dihadiri oleh Komandan Pusdik Armed Brigjen TNI Jauhari Agus Suraji S.I.P., S.Sos.

Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Komjem Pol (Purn) Drs. Budi Waseso dalam sambutan yang dibacakan oleh Sekretaris Jenderal Kwarnas Mayjen Mar (Purn). Dr. Bachtiar S.IP, M.AP menyampaikan tema LPKJ Nasional 2022 ini sangat relevan dengan kebutuhan para Pramuka Penegak dan Pandega saat ini.


Ketua Kwarnas berharap ke depan, kader pramuka dapat menduduki berbagai posisi kepemimpinan strategis di Indonesia, tegas Kak Budi Waseso.

“Kita pasang target pada perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-100 tahun pada tahu 2045, para pramuka penegak dan pandega saat ini terkhusus peserta LPK Nasional ini telah menjadi pemimpin di berbagai bidang” ungkap Ketua Kwarnas

Bukan saja sudah ada yang menjadi Ketua Kwarda dan Ketua Kwarnas, tetapi ada juga yang sudah menjadi bupati, wali kota, gubernur, menteri, anggota DPR, CEO perusahaan, bahkan bukan tidak mungkin ada juga yang kita harapkan bisa menjadi Presiden, Wakil Presiden, dan semua jabatan terhormat lainnya, terangnya.

Ia juga sempat memberikan tantangan kepada panitia untuk mendokumentasikan nama peserta LPK Nasional 2022 sebagai time capsule untuk dibuka kembali pada tahun 2045 sebagai bentuk uji seberapa berhasilnya kegiatan tersebut.



Ketua Kwarnas mendorong agar seluruh peserta bersungguh-sungguh dan penuh semangat dalam mengikuti kegiatan ini. Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pandega adalah wadah pembinaan dan pengembangan kaderisasi di tingkat Kwartir.

Dewan Kerja juga merupakan bagian integral dari kwartir, sehingga Ketua dan Wakil Ketua Dewan Kerja secara ex-officio juga merupakan Andalan Kwartir dan ini menjadi dasar jika para Dewan Kerja merupakan calon pemimpin masa depan.

Sekretaris Jenderal Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Mayjen (Purn). Dr. Bachtiar, S.IP., M.AP mengawali kegiatan Latihan Pengembangan Kepemimpinan (LPK) Tingkat Nasional Tahun 2022 dengan materi Kepemimpinan dan Manajemen.

Andalan Nasional Gerakan Pramuka selaku Pimpinan Pelatihan, Kak Agus Hendra menyampaikan materi Public Relation dalam Membangun Jejaring. Peserta LPK diajak mengikuti Kuis LPK 100, salah satu metode yang digunakan Kak Agus Hendra untuk menarik minat dan antusiasme peserta dengan menyiapkan setidaknya 25 soal yang harus dijawab peserta.



Ketua Kwarda Jawa Barat Atalia Praratya Pemateri menyajikan materi “Lima Kunci Sukses Kepemimpinan” kepada ratusan peserta LPK.

Di hadapan peserta Atalia menyebut para calon pemimpin harus berani menunjukkan diri (show up), menyuarakan diri (speak up), berpikir ke depan (look up), bekerja sama (team up), dan tidak mudah menyerah (don’t give up).

 “Ini adalah kunci pemimpin-pemimpin sukses, kalau ingin sukses, maka lakukanlah lima hal itu, dan tantangan saat ini adalah teknologi. Maka, sebagai generasi muda, harus terus menggali dan mengembangkan diri supaya tidak gaptek” tutur Atalia nya.


Semoga LPK ini berjalan dengan baik dan sukses, sebagai wadah untuk meningkatkan pengetahuan dan kapasitas kepemimpinan  anggota Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pandega sebagai generasi penerus bangsa dan mempersiapkan mereka untuk menjadi pemimpin di masa depan. (#KK-03.06.0002).

 

Catatan :

Sebagian dikutip dari pramuka.id


Komentar