Saka Adhyasta Pemilu Sudah Terbentuk, Okta Muhlia Apresiasi Kwartir Ranting Pramuka Matur

Saka Adhyasta Pemilu Sudah Terbentuk, Okta Muhlia Apresiasi Kwartir Ranting Pramuka Matur 
 
         Okta Muhlia SE., M.Si.
  Koordinator Divisi Pencegahan, 
     Partisipasi Masyarakat, dan 
     Humas Bawaslu Kab. Agam
    

Matur, (Pusinfo Perskwarcabagam) - Bawaslu Kabupaten Agam hadiri kegiat pelantikan pengurus Majelis Pembimbing Ranting, dan Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Matur, dihadiri Ketua Harian Kwarcab Agam Ir.H.Jetson, MT, Selasa (13/12) di Aula Kantor Camat Matur.

Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Humas Bawaslu Kabupaten Agam, Okta Muhlia SE., M.Si. turut hadir dalam acara pelantikan bersama 2 orang staf sekretariat diberi kesempatan mensosialisasikan pengawasan partisipatif Pemilu terhadap kelompok pramuka di Kecamatan Matur.

Okta Muhlia dalam sosialisasinya memberikan apresiasi kepada kwarran Matur, dimana Kwarran Matur pertama kali membentuk Saka Adhyasta Pemilu di Kabupaten Agam. Bawaslu Agam juga mengapresiasi kerjasama Kwarcab dengan Bawaslu yang selalu memberikan ruang untuk memasifkan sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif di lingkungan Kwarcab gerakan pramuka Agam, kata Okta Muhlia.
Bawaslu melihat potensi yang besar dalam kepramukaan ini, anggota pramuka memiliki karakter yang percaya diri, inovatif, kreatif, dan mudah bergaul. Hal ini sejalan dengan semangat pengawasan partisipatif yang dikembangkan bawaslu, ungkap Okta Muhlia.

Pramuka bisa menjadi suri tauladan dalam menumbuhkan kesadaran dan meningkatkan peran masyarakat untuk berpartisipasi dalam pengawasan pemilu. “Partisipasi masyarakat merupakan poin penting dalam Pemilu, karena Pemilu ini adalah pestanya Rakyat. Ibarat pesta, Bawaslu, KPU, dan DKPP (penyelenggara Pemilu) layaknya pramusaji atau event organizer yang menyiapkan pesta. 

Sedangkan pemilik pesta dan yang menikmati pesta adalah rakyat itu sendiri”. Sekaligus mengajak peserta untuk kritis dalam mewujudkan Pemilu yang Demokratis, ujar Okta Muhlia.

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, diharapkan Saka Adhyasta Pemilu dapat memaksimalkan perannya dalam pengawasan Pemilu, terlebih untuk Pemilu Tahun 2024 mendatang.

Tantangan ke depan makin berat, tapi semuanya akan bisa kita lewati, jika semua pihak mampu melaksanakan perannya masing-masing. Bersama Saka Adhyasta Pemilu kita wujudkan Pemilu yang demokratis, kata Okta Mulia
Hadir dalam pelantikan Mabiran dan Kwaran serta sosialisasi pengawasan partisipatif Pemilu terhadap kelompok pramuka di Matur, Kakwarcab Agam Ir.H. Jetson, MT,  Camat Matur Subchan bersama Forkopimca Matur, Korps Pelatih Kwarcab Agam, perwakilan dari pengurus Kwarda Gerakan Pramuka Agam Yunaidi. S,M.Pd. Walinagari se kecamatan Matur sebagai anggota Mabiran. KUK Matur Erisnal, Kamabigus se Kwaran Matur dan unsur Bawaslu Agam serta pengurus kwaran terpilih. (Yun.S)

Komentar