Damkar Agam Sosialisasikan Cara Padamkan Api Ringan Bagi Pramuka Kwaran IV Koto

Pramuka Peduli Bencana Kwaran 
   IV Koto Dilatih Padamkan Api 

IV Koto (pusinfo Kwarcabagam), Peserta Gladian Pinru Kwartir Ranting IV koto kecamatan IV Koto kabupaten Agam mendapat pengetahuan dan keterampilan siaga bencana saat ini digelar oleh Damkar Agam dilokasi gladian pinru Rabu (8/2) di lapangan SMAN 1 IV Koto.

Ketua Kwaran Ranting IV koto Efrizal, menyampaikan bahwa kesiapan anggota Pramuka dalam menghadapi situasi kebakaran perlu dipersiapkan. Kesiapan Pramuka menghadapi siaga bencana sangat diperlukan. Maka perlu diantaranya pengetahuan dan teknik-teknik pencegahan bahaya kebakaran. Dalam arti kata Pramuka peduli bencana, katanya.

Gladian Pinru kwaran IV Koto dikuti sebanyak 23 Gugus Depan SD, 4 Gugus Depan Madrasah dan SMP dengan jumlah peserta sebanyak 46 orang pinru.

Gladian pinru berlangsung selama tiga hari dari tanggal 7 sampai 9 Februari 2023, yang dibuka secara resmi oleh Kamabiran Ricky Eka Putra S.STP, Selasa (7/2) di bumi perkemahan IV Koto.

Pembekalan anggota Pramuka peduli siaga bencana sangat diminati oleh peserta dan langsung mencobakan cara memadamkan api secara tradisional, dan memadamkan api kecil saat memasak dengan kompor gas, kata Efrizal.

Selama Gladian Pindru pramuka penggalang di berikan materi ragam keterampilan Pramuka, Sandi, PBB, Semboyan, Tali temali, semaphore, dan di rencanakan akan dilanjutkan dengan kegiatan Lintas Alam 3 sebagai lanjutan dari kegiatan Gladian Pindru.

Secara terpisah Efrizal menambahkan selesai gladian pinru, diharapkan gudep dapat menggiatkan latihan di gugus depan sebagai persiapan menghadapi Lomba Tingkat (LT) II untuk ikut serta dalam LT III kwartir cabang Agam dalam waktu dekat ini.

Sebagai persiapan Pramuka penegak mengikuti Raimuna bulan Agustus mendatang, Kwaran IV Koto juga siap ikut, sebelumnya diinformasikan ke Ambalan Penegak yang ada di Kwaran IV Koto. Demikian ditambahkan Efrizal. (Yun.S)

Komentar