Gudep SDN 04 Toboh Malalak Siapkan Pramuka Penggalang Ikuti Jamran 2023

    Gudep SDN 04 Toboh Malalak 
  Siapkan Pramuka Penggalang 
           Ikuti Jamran 2023


Malalak, Pusinfo Kwarcabagam - Semangat Pagi dan Salam Pramuka. Demikian awal perjumpaan kakak pembina Pirmadona saat bertemu dengan adik-adik Pramuka penggalang di Gugus Depan SD Negeri 04 Toboh Malalak, yang sedang melakukan latihan pramuka.

Sebanyak 23 orang Pramuka penggalang dan 27 orang Pramuka siaga ikut latihan bersama di halaman sekolah dengan berbagai bentuk kegiatan. Apalagi sedang persiapan mengikuti jambore ranting Kwaran Malalak hari Jum'at (17/2) besok di Buper SMPN 1 Malalak.

Demikian diungkapkan Pirmadona saat ditemui disela-sela latihan Pramuka Rabu (16/2) di sekolahnya di Toboh.

Disebutkan Pirmadona latihan Pramuka kali ini hampir tiap hari, karena dekat dengan pelaksanaan Jambore ranting. Jadi perlu beberapa materi latihan untuk ikut serta berjambore.

Pirmadona yang baru saja menyelesaikan kursus mahir dasar yang digelar Kwarcab Agam di PKBM Literavokasi Lawang, langsung mempraktekkan ilmu dan keterampilan kepada peserta didik Pramuka penggalang dan siaga di pangkalan gudepnya.

Diungkapkan Pirmadona, latihan Pramuka di sekolah saya berkat suppor dari kepala sekolah dan majelis guru, dimana diizinkan mengikuti KMD di Lawang dan sekembali dari pelatihan langsung latihan dan persiapan jambore ranting. Ini merupakan kebanggaan dan anak-anak juga merasa senang dan gembira, kata Pirmadona.

Kegiatan setelah KMD adalah pengenalan pramuka dan upacara pembukaan latihan siaga dan penggalang. Selanjutnya latihan untuk kegiatan jambore ranting berlangsung tanggal 17 sampai 19 Februari 2023, katanya.

Saat ini kita sedang persiapan latihan untuk mengikuti Jamran Kwaran Malalak. Pembina gudep didampingi kepala sekolah Syamsir dan majelis guru turut membantu dengan kegiatan latihan membuat tandu, membuat yel-yel, memasang tenda, membuat gerbang, latihan PBB dan lain sebagainya.

Untuk Jamran kita persiapkan peserta 8 orang putra dan 8 orang putri, dengan target yang dicapai, yang utama adalah meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan yang Maha Esa, mempererat tali persaudaraan dan persatuan antar anggota Penggalang, meningkatnya rasa tanggung jawab terhadap diri sendiri, bangsa dan negara.

Kemudian latihan untuk meningkatnya jiwa kepemimpinan dan percaya diri, serta meningkatnya kemantapan mental, fisik, pengetahuan, pengalaman dan keterampilan para peserta didik, kata Pirmadona.

Kepala sekolah Syamsir S.Pd disela latihan juga menambahkan bahwa kakak Pirmadona sengaja kita kirim pelatihan KMD sebagai persiapan menjadi pembina yang memiliki ijazah mahir. Semoga latihan Pramuka dapat menciptakan peserta didik yang berkarakter, katanya. (Yun.S)

Komentar