Hiking Salah Satu Sarana Untuk Mengasah Kepekaan dan Kepedulian Seseorang

Hiking Peserta KMD Palembayan 
 Untuk Mengasah Kepekaan dan 
          Kepedulian Seseorang 


Palembayan, Pusinfo kwarcabagam - Walaupun wilayah Palembayan diguyur hujan, namun semangat para calon pembina Pramuka sebanyak 67 orang yang mengikuti kursus pembina Pramuka mahir tingkat dasar (KMD) tetap melaksanakan dengan semangat. Jum'at (10/2) di Padang Koto Gadang

Pelaksanaan hiking bagi peserta KMD kwaran Palembayan sangat diperlukan sebagai bahan praktik yang akan dikembangkan di gugus depan nantinya bersama peserta didik di gudepnya.
Sebanyak 67 orang pembina pramuka hari kedua tahap kedua KMD diisi dengan penjelajahan dan berbagai kegiatan menterjemahkan sandi, merayap, mencari tumbuhan tanaman obat, membuat tandu, semuanya diawali dengan menterjemahkan sandi yang sudah dipelajari.

Hiking bersama peserta dan pelatih dibantu panitia dan anggota dewan kerja ranting dengan perjalanan kaki yang mengandung unsur permainan, petualangan dalam kehidupan, bukan hanya sekedar berjalan kaki atau berbaris jauh, semuanya mengandung pendidikan.

Inti dari hiking dapat dijadikan salah satu sarana untuk mengasah kepekaan dan kepedulian seseorang terhadap sesamanya dan pada alam sekitarnya. Hal ini dibenarkan oleh para pelatih pembina Pramuka yang mendampingi peserta hiking  dalam kegiatan KMD Kwaran Palembayan. 

Melalui hiking anggota Pramuka dapat saling memahami dan bekerjasama dengan sesama temannya selama diperjalanan, dimana perjalanan biasanya menempuh medan yang sulit, sehingga dibutuhkan saling support dalam tim, selain itu hiking juga mengasah kepekaan terhadap alam dan lingkungan sekitar, jadi tidak hanya sekedar lomba, hiking sangat banyak manfaatnya bagi anggota Pramuka itu sendiri," tambah Fadli Aswad. (Yun.S)

Komentar