Sebanyak 19 Orang Pembina Gudep Selesai KMD Kwarcab Agam Laksanakan Latihan Pramuka Di Gudep

       Latihan Pramuka di Gudep 
     Selesai KMD Kwarcab Agam 


Agam,  Pusinfo Perskwarcabagam - Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Kapusdiklat) Cabang Gerakan Pramuka Agam H.Irzal, S.Pd berikan apresiasi luar biasa, terhadap 19 pembina Pramuka selesai mengikuti KMD langsung mempraktekkan di gugus depannya masing-masing.

Demikian diungkapkan Kapusdiklatcab Agam Irzal saat memonitor hasil laporan kegiatan yang disampaikan melalui media sosial dan monitor langsung kelokasi kegiatan latihan Pramuka.

Disebutkan Irzal bahwa tugas Pusdiklat gerakan Pramuka mempersiapkan pembina Pramuka melalui pembekalan kursus mahir dasar, yang terus dilakukan korps pelatih atas persetujuan kwartir cabang.

Pusdiklat pramuka harus dapat menjabarkan kebijakan pendidikan dan pelatihan kepramukaan yang ditetapkan oleh Kwartir Cabang. Melaksanakan program pendidikan dan pelatihan kepramukaan. Membina dan mengkoordinasikan secara fungsional penyelenggaraan program pendidikan dan pelatihan kepramukaan pada Gugus Depan, kata Irzal.

Pelatihan bagi pembina gugus depan yang baru saja dilaksanakan melalui KMD Mandiri Kwarcab Agam tahun 2023 digelar di PKBM Literavokasi Lawang diikuti sebanyak 19 orang dinyatakan lulus dan telah melakukan kegiatan di gudepnya masing-masing.
Pelaksanaan Kursus Mahir Dasar yang dilaksanakan merupakan suatu kegiatan pendidikan dan pelatihan yang bertujuan memberi bekal pengetahuan dasar dan pengalaman praktis membina pramuka melalui kegiatan kepramukaan dalam satuan Pramuka yang meliputi perindukan siaga, pasukan penggalang, ambalan penegak, dan racana pandega.

Kita berharap latihan Pramuka di gugus depan mendapat perhatian serius dari kepala sekolah selaku Kamabigus dan majelis guru serta komite sekolah.

Haris Efrinaldi, pembina Pramuka sekaligus Kamabigus Gudep SMP IT Al Madaniy Lubukbasung menyebutkan bahwa latihan
Pramuka menjadi bagian dari pendidikan karakter patut diapresiasi. Pramuka dianggap sebagai wahana pembentukan karakter siswa, karena dalam Pramuka siswa dilatih kepemimpinan, kerja sama, solidaritas, mandiri, dan keberanian. 

Zarmayedi pembina Gudep SMAN 1 Tanjung Mutiara selesai mengikuti KMD mandiri saat dikonfirmasi disela latihannya menyebutkan bahwa kegiatan Pramuka dapat sebagai penyeimbang kegiatan pembelajaran dalam kurikulum formal yang lebih berorientasi pada ranah kognitif (pengetahuan) dan psikomotorik (keterampilan).

Kegiatan Pramuka ini akan mampu membangun kecerdasan siswa pada ranah afeksi (sikap dan perilaku), sehingga siswa akan mampu mengembangkan karakternya secara positif. Demikian ditambahkan Zarmayedi (Yun.S).

Komentar