Semangat Membara Hadiri Perjusami Pramuka Penggalang SD Kwarran Tanjung Raya

Kwarran Gerakan Pramuka 09 Tanjung Raya, mengadakan Perjusami Pramuka Penggalang SD di Buper Lubuak Sao (24-26/2). Perjusami ini diikuti oleh seluruh SD yang ada di Kwarran Tanjung Raya berjumlah sekitar 740 orang siswa, ditambah Pembina dan beberapa guru lainnya. Sedangkan untuk panitianya diambil dari utusan Gudep tingkat SLTA yang ada di Kwarran Tanjung Raya, yaitu MAN 4 Agam, SMKN 1 Tanjung Raya dan SMAN 1 Tanjung Raya serta beberapa warga yang ada di Buper Lubuak Sao ikut membantu.

"Kami sebagai KaKwarran ingin menyampaikan bahwa kita Kwarran Tanjung Raya akan melaksanakan kegiatan PERJUSAMI Penggalang SD se-Kecamatan Tanjung Raya. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 24, 25, dan 26 Februari 2023. Peserta yang akan mengikuti kegiatan ini 740 orang. Untuk itu dalam beberapa hari kedepan kita akan membentuk panitia penyelenggara kegiatan ini", ujar KaKwarran Tanjung Raya dalam undangannya.

Perjusami dibuka oleh Bupati Agam yang diwakili oleh Asisten ll Setdakab, Ir. H. Ketson yang juga Ketua harian Kwarcab Agam. Bupati merasa bangga dan mengucapkan terima kasih dan apresiasi serta penghargaan yang tinggi kepada Pengurus Mabiran, Kwarran, KUK Pendidikan atas dilaksanakan Perjusami Pramuka Penggalang SD se-Kecamatan Tanjung Raya ini, dengan sema singat baru dari kepengurusan yang baru saja dilantik.

Alhamdulillah kegiatan dapat dilaksnakan mulai hari ini. Karena informasi dari Ketua Kwarran dan KUK, bahwa Kwarran Tanjung Raya sudah 19 tahun tidak melaksanakan kegiatan Perjusami ini.

Pada acara Pembukaan dihadiri oleh tamu-tamu istimewa, yaitu Wakil Ketua Kwarcab kak Khairul Koto, Kapolres Agam diwakili Kasat Bimas Azwar, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Agam diwakili Kasi SD, Watman Suib, Kapolsek Tanjung Raya, Koramil Tanjung Raya, KUK, Pengurus Mabiran dan Kwarran, para Kepala Sekolah selaku Kamabigus, dan lain-lainnya.

Pembina upacara kak Jetson juga mengucapkan terima kasih kepada para Kamabigus, Pimpinan Gudep dan Pembina Pramuka Penggalang SD yang telah membina adik-adik penggalang dan dapat hadir pada lokasi Perjusami Buper Lubuak Sao ini.

 "Kepada adik-adik penggalang agar tetap semangat seperti yang diperlihatkan hari ini kendatipun saat ini upacara pembukaan Perjusami diiringi dengan turunnya rintik hujan, namun semangat adik-adik tidak pernah kendor, tetap setia mendarmabaktikan diri demi kemajuan kegiatan Kepramukaan di Kecamatan Tanjung Raya" ujarnya.

Kak Jetson juga berpesan agar semua adik-adik mengikuti semua acara dan kegiatan yang telah dijadwalkan oleh Panitia dengan baik, tekun dan bersemangat. "Pesan kakak agar jangan ada diantara adik-adik yang keluar dari lokasi bumi perkemahan ini sendirian, harus sepengetahuan dan seizin kakak pembina serta beritahu Pimpinan Regu".

Adapun perlombaan yang telah disusun panitia dalam kegiatan Perjusami ini, diantaranya Lomba MSQ, Lomba Pengucapan Dasa Dharma, Lomba yel-yel dan penampilan bakat.

Semoga dengan adanya kegiatan Perjusami tingkat SD se-Kecamatan Tanjung Raya ini dapat mengembangkan bakatnya dengan membentuk jiwa semangat generasi muda yang berguna bagi Nusa, Bangsa dan Agama yang sesuai dengan Tri Satya dan Dasa Dharma sebagai kode etik Pramuka. (Fuji Lestari)

Komentar