Kwarda 03 GP Sumbar Bersama Kwarcab se Sumbar Ikuti KPN Tahun 2023 di Cibubur


Kwarda 03 GP Sumbar Bersama Kwarcab se Sumbar Ikuti KPN Tahun 2023 di Cibubur


Padang, pusinfokwarcabagam - 
Dalam rangka peningkatan 
kualitas Pembina Pramuka agar memiliki wawasan yang luas tentang proses pembinaan, Kwartir Daerah 03 Gerakan Pramuka Sumatera Barat bersama Kwartir Cabang mengikuti Karang Pamitran Nasional (KPN) tahun 2023.

Pelaksanaan KPN 2023 digelar pada tanggal 3 sampai 8 Juli 2023 di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta Timur.
  Kak Firsta Pinkonda KPN 2023 

Pimpinan kontingen daerah (Pinkonda) KPN 2023 kwarda Sumbar Firsta saat rapat bersama Binawasa melalui meeting zoom menyebutkan bahwa unsur Kwartir Daerah yang mengikuti KPN ada 16 orang.

Sedangkan peserta dari kwartir cabang dari 19 kabupaten kota, tidak mengikuri sama sekali ada 3 cabang yaitu Kwarcab Bukittinggi, Payakumbuh, dan kwarcab Kabupaten Solok. Yang lainnya mengikuti dengan kapasitas terbatas.

Pada kesempatan itu pinkonda secara bersama telah menetapkan pembagian tugas terutama untuk tim pewarta kwarda yang akan ikut bergabung dengan pewarta kwarnas yaitu dipercayakan kepada kak Yunaidi.S dan kak Titik, dengan tugas meliput semua kegiatan KPN khususnya kwarda Sumbar dan cabang.

Penanggung jawab pentas seni dan budaya dipercayakan kepada kak Etty dan kak Yunaidi.S, termasuk menyeleksi penampilan kesenian yang akan tampil dipentas utama nantinya. Dimana Sumbar akan mengisi kesenian pada malam penutupan bersama provinsi Bali, kata kak Firsta.
   Kwarcab Agam Ikuti KPN 2023

Hal yang perlu dipersiapkan untuk kontingen pakaian peserta untuk karnaval, minimal masing-masing cabang mengutus 2 sampai 4 pasang berpakaian khas daerah masing-masing.

Selain itu juga perlu dipersiapkan permainan tradisional dan makanan tradisional khas daerah atau cabang, seperti teh Talua, lamang tapai dan termasuk rendang.

Kegiatan KPN 2023 terbagi menjadi 8 Distrik, yakni (1) Distrik Nusa untuk kelompok Pembina Siaga; (2) Distrik Bangsa untuk kelompok Pembina Penggalang; (3) Distrik Bahasa untuk kelompok Pembina Penegak dan Pandega; (4) Distrik Istimewa untuk kelompok Pembina Pramuka Berkebutuhan Khusus (PBK).

Kemudian (5) Distrik Bela Negara untuk kelompok Pamong Satuan Karya Pramuka; (6) Distrik Prestasi untuk kelompok Pembina Inovatif; (7) Distrik Merdeka untuk kelompok Kepala Pusdiklatcab; (8) Distrik Bawa Laksana untuk kelompok Pinkonda.

Disebutkan Firsta bersama anggota Pinkonda, bahwa pelepasan kontingen KPN Kwarda Sumbar oleh Kakwarda Sumbar akan digelar pada tanggal 26 Juni 2023 mendatang sekaligus mencek kesiapan peserta dari kwartir cabang.

Untuk penjelasan Juknis KPN pihak Kwarda Sumbar akan menggelar rakor kwartir Daerah dihadiri pinkoncab yang akan mengisi kegiatan KPN pada hari Senin (05/06/2023) di Kwarda Sumbar di Padang. (Yun.S)

Komentar