Kwarran Ampek Nagari Gelar KMD


PusinfoPersKwarcabAgam -Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Ampek Nagari melaksanakan kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) Jum'at, (1/9). Pembukaan kegiatan dilaksanakan di ruangan SDN 15 Pudung, Nagari Bawan, Kec.Ampek Nagari.

       Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Agam, Ir. H. Jetson, MT diwakili oleh Ketua Harian,  Dr. Mhd Lutfi AR, SH, M.Si memberikan apresiasi dan penghargaan yang luar biasa kepada kwaran Ampek Nagari yang telah berupaya dengan maksimal dalam menyelenggarakan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) Tahun 2023.



Beliau juga menyampaikan permohonan maaf karena sedianya kegiatan ini akan dibuka oleh Ketua Kwarcab Agam, namun karena suatu hal sehingga beliau memberikan amanah kepada Ketua Harian untuk menghadiri sekaligus membuka kegiatan KMD ini

       Pada kesempatan itu Ketua Harian Kwarcab Agam  menyampaikan, bahwa buatlah KMD ini menjadi momen untuk bertukar informasi baik itu ilmu pengetahuan dan pengalaman praktis dalam melaksanakan pendidikan dan pembinaan Pramuka khususnya di tingkat gugus depan.

       “Pelaksanaan KMD ini merupakan suatu kebutuhan kita bersama sebagaimana diatur dalam undang-undang terutama UU No 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, dan UU no 12 Tahun 2010 tentang gerakan Pramuka. Termasuk juga Permendikbud nomor 62 tahun 2014 tentang kegiatan ekstrakurikuler pada pendidikan dasar dan pendidikan Menengah serta Permendikbud Nomor 63 Tahun 2014 tentang pendidikan Kepramukaan sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler wajib pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

Kami berharap melalui momentum pelaksanaan KMD ini para peserta dapat meningkatkan pengetahuan dan pengalamannya khusunya dalam melaksanakan pembinaan ditingkat gugus depan,”pesannya.

       Sementara itu Sekretaris Kwartir Ranting Ampek Nagari, Yusran MY, S. Pd.SD yang juga selaku ketua panitia pelaksana dalam laporannya menyampaikan, KMD ini merupakan salah satu program yang dilaksanakan oleh pengurus Kwartir Ranting Ampek Nagari dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas pembina pramuka di Ampek nagari.

       Kegiatan KMD ini diikuti oleh 53 orang pembina pramuka, yang terdiri dari 19 orang putra dan 34 orang putri dan akan dilaksanakan selama 2 tahap, yaitu dari tanggal 1 sd 3 September dan 8 SD 10 September 2023

       Selain itu tambahannya, tujuan lainnya adalah untuk menambah ilmu pengetahuan dan pengalaman praktis bagi para calon pembina pramuka dalam mengelola dan mengembangkan kegiatan kepramukaan khususnya di gugus depan.

       Tampak Hadir pada pembukaan kegiatan KMD ini Ketua Harian Kwarcab Agam, Dr. Mhd Lutfi AR, SH, M.Si, Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kepramukaan, Irzal, SPd, Kamabiran Ampek Nagari, Rizona Guiza, S.IP, Ketua Kwarran Ampek Nagari,  Zulhimi. Dt Basa, Pimpinan Kursus, Astatik, SPd, Para tim pelatih Pusdiklatcab, Anggota DKC Agam, pengurus Kwartir Ranting, DKR Ampek Nagari, Kamabigus, peserta dan panitia Kursus Pembina Mahir Tingkat Dasar (KMD) tahun 2023. (Andre ty)

Komentar