SLB Negeri 1 Ampek Angkek Ikuti Latihan Pramuka Perdana

SLB Negeri 1 Ampek Angkek Ikuti Latihan Pramuka Perdana 


Ampek Angkek, pusinfokwarcabagam - Pelajar bersama majelis guru Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Ampek Angkek mengikuti latihan Pramuka sebagai perkenalan pertama latihan Pramuka di gugus depan, Sabtu (30/09/2023) di komplek SLB Negeri 1 Ampek Angkek.

Demikian disampaikan kepala sekolah SLB Negeri 1 Ampek Angkek Azizah, S.Pd saat ditemui diruang kerjanya sebelum memulai latihan awal kegiatan Pramuka di Ampek Angkek
Kepsek SLBN 1 Ampek Angkek 

Disebutkan Azizah, bahwa pramuka menjadi salah satu kegiatan ekstrakulikuler yang wajib di sekolah. Ekstrakulikuler Pramuka merupakan sebuah proses kegiatan untuk membimbing siswa yang mana dilaksanakan diluar jam pelajaran sekolah.

Tujuan dari pelaksanaan kegiatan pramuka ini adalah untuk melatih kedisplinan, kemandirian, serta kepercayaan diri. Pramuka untuk ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) tidak hanya bermanfaat untuk melatih kepercayaan diri, lebih dari itu dapat mengembangkan diri dari segi sosial, dan komunikasinya, kata Azizah saat didampingi korps pelatih Kwarcab Agam Yunaidi.S di kampus SLB Ampek Angkek.
Pemerintah memberikan perhatian bagi anak berkebutuhan khusus yang tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor 70 tahun 2009.

Disebutkan bahwa siswa dengan kelainan potensi atau kecerdasan bakat istimewa di sekolah, akan diberikan kesempatan menerima layanan berkualitas sesuai kebutuhan dan kemampuannya.
Siswa dengan kelainan potensi atau kecerdasan bakat istimewa mencakup semua siswa berkelainan emosional, kelainan fisik, mental, sosial.

Anak berkebutuhan khusus atau ABK adalah anak dengan kelainan emosional, kelainan fisik, mental, sosial. Anak dengan keistimewaan tersebut juga memiliki hak yang sama seperti anak pada umumnya termasuk dalam pendidikan. Perbedaannya terletak pada metode yang harus disesuaikan dengan tingkat kemampuan peserta didik.
Disebutkan Azizah, jumlah siswa SLB Negeri 1 Ampek Angkek tercatat sebanyak 73 orang dari jenjang SDLB sampai SMALB dengan tenaga pendidik sebanyak 15 orang, dan belum ada guru atau pembina yang mengikuti mahir dasar, katanya. 

Latihan kepramukaan di SLB Negeri 1 Ampek Angkek akan dilaksanakan setiap Sabtu setelah apel pagi dan senam, dengan permohonan pembinanya dapat dibantu dari kwartir ranting dan kwartir cabang. Demikian ditambahkan Azizah. (Yun.S)

Komentar