Ka.Kwarcab Diwakili Sekretaris Kwarcab Agam Khairul Koto Buka KMD di Kwaran Lubuk Basung

Kakwarcab diwakili Sekretaris Kwarcab Agam Khairul Koto Buka KMD Kwaran Lubukbasung


Lubukbasung, pusinfokwarcabagam - 
Kakwarcab Gerakan Pramuka Agam diwakili Sekretaris Kwarcab Kak Khairul Koto, S.Sos,  membuka secara resmi Pendidikan dan Pelatihan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) di Kwartir Ranting Lubuk Basung, ditandai pemasangan tanda peserta diwakili Kak Erni Juwita SDN 01 Balai Ahad dan Kak Haris Busmarianto SDN 11 Sago Lubukbasung, Sabtu (14/10/2023) di Gedung Guru Agam di Lubukbasung.

Khairul Koto yang juga dipercaya sebagai Pimpinan Kursus menyebutkan bahwa Pemda Agam menyambut gembira dan apresiasi yang luar biasa atas terselenggaranya kursus mahir dasar yang merupakan tuntutan dari undang-undang kepramukaan, termasuk Permendiknas 63 tentang Pendidikan Kepramukaan Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Wajib pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Kakwarcab berharap Pramuka sebagai ekstrakurikuler wajib harus mendapat perhatian khusus secara khusus dan berkesinambungan disetiap jenjang pendidikan.
Tugas kakak pembina adalah tugas kita dalam menghayati dan amalkan bahwa pramuka garda terdepan dalam pembentukan generasi muda berkarakter.

Perkuat motivasi dan komitmen tugas kepramukaan yang dilandasidengan moto Satya ku kudarmakan darmaku kubaktikan.

Serta moto para pembina dan pelatih Pramuka dan orang dewasa gerakan Pramuka yaitu Ikhlas bakti bina bangsa berbudi bawa laksana.

Tugas pokok Kamabigus itu adalah memberi bimbingan dan bantuan yang bersifat moral organisasi meteriil, finansial dan konsultasi kepada gudep dan kwartir.
Sekdis Dikbud Agam Kak Ardiyanti, SE., MM

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Agam, diwakili Sekretaris Dinas Kak Ardiyanti, SE., MM mendukung penuh terselenggaranya pendidikan dan pelatihan bagi pembina Pramuka 

Disebutkan kak Ardiyanti kepramukaan adalah gerakan pandu merupakan anggota perkumpulan pemuda yang berpakaian seragam khusus, bertujuan mendidik anggotanya supaya menjadi orang yang berjiwa kesatria, gagah berani, dan suka menolong sesama makhluk.

Dengan adanya latihan Pramuka di gugus depan dapat memberikan kesempatan dalam melatih kepemimpinan dan dampak dari kegiatan Pramuka selain pondasi dan generasi muda yang kuat dan siap menghadapi tantangan kedepan.
Kak Algusra, S.Ag, selaku ketua pelaksana KMD Kwaran Lubukbasung 

Kak Algusra, S.Ag. selaku panitia pelaksana menyebutkan bahwa 
Peserta utusan SD dan SLTP se Kwaran Lubukbasung berjumlah 65, terdiri dari 12 penggalang dan 53 golongan siaga.

Rencana kegiatan dilaksanakan menjadi 3 tahap, mengingat kondisi sekolah Diklat dilaksanakan setiap hari Sabtu Minggu.

Tujuan giat KMD akan melahirkan pembina Pramuka yang tangguh di kwartir ranting Lubukbasung, lebih sangat lagi dalam menggiatkan Pramuka di gugus depan. Demikian ditambahkan Algusra. (Yun.S)

Komentar