LKBB Bertongkat Resmi Dibuka Ka.Kwarcab Agam, Diikuti Kontingen Pramuka Penggalang dari 3 Kabupaten

 


Ampek Nagari, (Pusinfo Pers Kwarcab Agam), Lomba Ketangkasan Baris Berbaris (LKBB) Bertongkat Pramuka Penggalang yang digelar oleh Gudep Pangkalan Smkn 1 Ampek Nagari Kabupaten Agam dibuka secara resmi oleh Ketua Kwarcab Agam diwakili Sekretaris kak Khairul Koto, S.Sos pada Sabtu (7/10) di Kompleks SMKN 1 Ampek Nagari yang berlokasi di Jalan Raya Bawan-Manggopoh KM 4 Durian Tinggalang Bawan Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam Sumbar.

 

Kwarcab Agam memberikan apresiasi yang sangat tinggi dan acungan jempol yang luar biasa serta mengucapkan ribuan terima kasih kepada Kamabigus, Pimpinan dan Pembina Gudep serta Dewan Kerja Ambalan Gudep SMKN 1 Ampek Nagari, yang telah mengagendakan dan menyelenggarakan LKBB ini, sebut Khairul Koto di awal sambutannya.

 

“LKBB merupakan kegiatan yang sangat positif dan sangat sangat berguna sdalam pembentukan karakter kaum muda. LKBB bukan merupakan tujuan, melainkan salah satu alat atau sarana untuk mencapai suatu tujuan dalam Gerakan Pramuka. Cara yang dapat dilakukan dalam pembentukan karakter kaum muda sangat banyak dan bervariasi dalam kegiatan kepramukaan, salah satunya melalui kegiatan baris berbaris”, tegas Khairul Koto.

Dalam baris berbaris yang dilombakan hari ini, sebut Khairul Koto, terkandung nilai-nilai mulia, menumbuhkan rasa disiplin, rasa tanggung jawab, rasa kebersamaan, tingkat kepatuhan, daya konsentrasi, melatih solidaritas, rasa patirotisme terhadap bangsa dan negara serta sikap positif lainnya dalam pembentukan karakter kaum muda.

 

“Adik-adik harus ingat bahwa karakter dan masa depan hidup manusia berawal dari fikiran. Hati-hatilah dengan fikiran karena fikiran akan melahirkan perkataan, perkataan akan melahirkan perbuatan, perbuatan akan melahirkan kebiasaan. Kebiasaan-kebiasan yang ditampilkan dalam kehidupan seharai-hari itulah yang akan membentuk karekter hidup dan masa depan seseorang” ungkap Khairul Koto penuh makna.

 

Sebelumnya Ketua Panitia Pelaksana LKBB kak Sri Astuti, S.Pd melaporkan bahwa LKBB dilaksanakan dalam rangka menindaklanjuti UU RI Nomor 12 Tahun 2010 serta AD dan ART Gerakan Pramuka.

 

Peserta LKBB mewakili sekolah atau gudep Pramuka Penggalang, dengan jumlah peserta satu kontingen 16 orang gabungan putra dan putri, terdiri dari 15 orang anggota dan 1 orang Danton. Peserta yang mengikuti LKBB Tahun 2023 ini barasal dari Kabupaten Agam, Kabupaten Pasaman dan Kabupaten Pasaman Barat, sebut Sri Astuti.

 

Turut hadir dalam acara pembukaan perwakilan dari Pengurus, Andalan Cabang, Pusdiklat dan Korp Pelatih Kwarcab Agam, Pengurus Mabiran, Pengurus dan Andalan Ranting Kwarran Ampek Nagari, Pembina Pendamping, beberapa Tokoh Masyarakat Ampek Nagari, perwakilan DKC dan DKR, serta DKA dan Pramuka Penegak Gudep SMKN 1 Ampek nagari, termasuk Bella Rahma Purna Rainas XII Tahun 2023. (#KK-03.06.0002).

Komentar