Pusdiklatcab Tali Tigo Sapilin Kwarcab Agam Gelar Forum Diskusi Bersama Korps Pelatih

Pusdiklatcab Tali Tigo Sapilin Kwarcab Agam Gelar Forum Diskusi Bersama Korps Pelatih


Agam, pusinfokwarcabagam - Pengurus Pusdiklatcab Tali Tigo Sapilin Kwarcab Agam menggelar rapat pertemuan bersama anggota membicarakan hasil pelaksanaan Karang Pamitran Nasional (KPN) dan Training Of Trainer (TOT) Pusdiklatda Tahun 2023, Jum'at (06/10/2023) di Kafe 234 Tabek Pemandian Kelok Sikabu Kecamatan IV Koto.

Sekretaris Pusdiklatcab Tali Tigo Sapilin Yunaidi.S dalam hantaran kata mengungkapkan bahwa kwarcab Agam baru-baru ini telah mengutus pembina Pramuka mengikuti Karang Pamitran Tahun 2023 di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta Timur.

Dilanjutkan dengan dikirimnya 4 orang Korps Pelatih Kwarcab Agam mengikuti TOT Pelatih Pusdiklatda Sumbar Tahun 2023 di Padang yang diselenggarakann oleh Kwarda 03 Gerakan Pramuka Sumbar.
Selain mendengarkan laporan hasil kegiatan KPN dan TOT dilanjutkan dengan diskusi hasil laporan kegiatan sebagai pedoman dan tindak lanjutnya di kwartir cabang untuk langkah kerja berikutnya.

Selain diskusi pembahasan hasil KPN dan TOT juga dibicarakan teknis pelaksanaan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) yang akan diselenggarakan di Kwartir Ranting Lubuk Basung dan kegiatan kursus orientasi bagi Kamabigus dan pembina di kementerian agama.

Ketua Pusdiklatcab Agam H.Irzal,S.Pd menyebutkan dari hasil laporan KPN dan TOT, agar dapat diikuti dan dikembangkan sesuai kebutuhan yang diperlukan dengan situasi yang ada di kwartir, makanya kita perlu diskusikan sesama korps pelatih.
Hal yang krusial dibicarakan dalam rapat bersama Pusdiklatcab Agam adalah bagaimana setiap pemimpin atau kepala sekolah perlu dibekali dengan kepramukaan.

Saat ini digugus depan banyak yang tidak melaksanakan latihan Pramuka dikarenakan tidak adanya instruksi dari pimpinan atau kepala sekolah selaku Kamabigus ada yang tidak paham dengan Pramuka dalam arti kata tidak mampu mengayomi dan memfasilitasi pelaksanaan latihan di gugus depannya.

Diharapkan pihak kwartir bersama dinas pendidikan dan kebudayaan dapat melakukan monitoring dan mengevaluasi pelaksanaan kursus yang telah dilaksanakan diikuti oleh pembina di gugus depannya sekaligus membuatkan laporan tindak lanjut latihan Pramuka di gugus depan. (Yun.S)

Komentar