Sebanyak 109 Peserta KMD PPM Diniyyah Pasia Laksanakan Praktek Berkemah

Peserta KMD PPM Diniyyah Pasia Laksanakan Praktek Berkemah 


AMPEK ANGKEK, pusinfokwarcabagam - Peserta Diklat Kursus Pembina Pramuka Tingkat Mahir Dasar (KMD) Gudep Pramuka Pondok Pesantren Modern Diniyah Pasia kecamatan Ampek Angkek kabupaten Agam laksanakan praktek keterampilan di bumi perkemahan Diniyyah Pasia.

Pelaksanaan perkemahan merupakan lanjutan dari rangkaian kegiatan Diklat KMD yang diawali semenjak hari Jum'at (15/12/2023) di Ponpes Modern Diniyyah Pasia.
Pelaksanaan praktek sebetulnya akan dilaksanakan di Harau, tetapi karena cuaca dan lokasi menuju Harau kebanjiran, maka pihak Pondok memutuskan untuk perkemahan dilaksanakan di kampus Ponpes Diniyah Pasia dengan pemasangan tenda selama 3 hari.

Kak H. Nawazir Muchtar LC saat dikonfirmasi pelaksanaan KMD dilapangan, memutuskan untuk kali ini praktek berkemah dilaksanakan di kampus saja mengingat cuaca dan lokasinya jauh dari pondok. Dalam arti kata lanjutan KMD digelar di lapangan bumi perkemahan pondok.

Pimpinan kursus KMD PPM Diniyyah Pasia bersama tim korps pelatih juga sepakat pelaksanaan perkemahan digelar di lapangan Ponpes saja. Dilaksanakan berbagai keterampilan kepramukaan dan game serta outbond, penjelajahan dan tapak perkemahan.
Seluruh peserta ditempatkan didalam tenda yang sudah dipasang Selasa (19/12/2023) semenjak pagi, besoknya Rabu (20/12/2023) dilaksanakan penjelajahan melewati pos dan kegiatan selama perjalanan di pos yang sudah disiapkan panitia.

Selesai penjelajahan yang digelar di seputaran objek wisata Bantoroyo, sonsang dan sekitarnya, dilanjutkan dengan persiapan api unggun di bumi perkemahan.
Tim Pelatih Diklat KMD di Ponpes Diniyyah Pasia 

Sedangkan sorenya dilaksanakan post tes, malamnya digelar api unggun dan renungan seorang calon pembina. Dihari terakhir Kamis dilaksanakan rencana tindak lanjut dan pengukuhan menjadi pembina Pramuka.

Disebutkan Pimpinan kursus Andry Kesuma bahwa peserta KMD tahun 2023 diikuti sebanyak 60 orang santri dan 48 orang Santriwan dengan korps pelatih kwarcab Agam sebanyak 13 orang, yang dibagi dua dengan sistem satuan terpisah. (Yun.S)

Komentar